Senin 14 Dec 2020 05:14 WIB

Riset Amikom dan UMP Sabet Emas ITEX 2020

ITEX merupakan pameran inovasi teknologi yang diadakan virtual 20-21 November 2020.

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Fernan Rahadi
Penelitian (ilustrasi)
Foto: ANTARA FOTO/Moch Asim
Penelitian (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Riset kolaborasi Universitas Amikom Yogyakarta dan Universiti Malaysia Pahang meraih emas di International Invention, Innovation and Technology Exhibition (ITEX) 2020. Riset berjudul Robust Watermarking Software for Copyright Protection.

ITEX merupakan pameran inovasi teknologi yang diadakan virtual 20-21 November 2020. Riset tersebut merupakan kolaborasi Ferda Ernawan (UMP) dan Dhani Ariatmanto (Amikom), serta didukung CEO PT GIT Solution Emha Taufik dan CEO PT Time Excelindo Muhammad Hanafi.

Riset berisi perangkat lunak penyematan watermark serta dirancang miliki ketahanan yang baik dan dipakai sebagai perlindungan Hak Kekayaan Intelektual. Skema telah diuji berbagai jenis serangan dan miliki ketahanan tinggi terhadap ragam varian serangan.

Saat pengumuman pemenang ITEX 2020, President of Minds and Joint Organizer of ITEX 2020, Tan Sri Datuk Augustibe, menyampaikan apresiasi atas partisipasi peserta yang mengikuti kompetisi tersebut. Terlebih, totalnya hampir 500 peserta dari 15 negara.

"Ini merupakan platform untuk merayakan keungulan inovasi dan kolaborasi yang jadi fondasi untuk menumbuhkan budaya kreatif dan berinovasi, sehingga bisa menemukan solusi baru yang bisa menjadi ompatan kuantum di bidang teknologi," kata Augustibe, Ahad (13/12).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement