Rabu 16 Dec 2020 13:48 WIB

Jumlah Guru Besar di Yogyakarta Masih Minim

Guru besar di DIY tak sampai 10 persen.

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Dwi Murdaningsih
Dosen yang sedang mengajar para mahasiswa (ilustrasi)
Foto: theguardian.com
Dosen yang sedang mengajar para mahasiswa (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BANTUL -- Jumlah guru besar di Indonesia masih tergolong sangat minim. Khususnya di DI Yogyakarta. Dari total 7.000 dosen, baru ada 109 guru besar.

Kepala LL-Dikti Wilayah V Yogyakarta Didi Achjari menilai, peningkatan kehadiran guru besar harus terus didorong demi meningkatkan kualitas pendidikan perguruan tinggi. Terlebih, guru besar di Indonesia dan perguruan tinggi di DIY tergolong sangat kecil.

Baca Juga

"Di LL-Dikti Wilayah V saat ini total 109 guru besar dari total sekitar 7.000 dosen. Angka ini masih sangat kecil yang jika dipresentasekan jumlahnya tidak ada 10 persen," kata Didi saat penyerahan SK Guru Besar Studi Teknik Mesin UMY, Prof Sukamta.

Untuk itu, mereka terus mendorong seorang guru besar di suatu perguruan tinggi. Sebab, akan meningkatkan mutu dalam pendidikan tinggi tersebut dengan kualifikasinya bimbing mahasiswa, mendorong dosen-dosen lain melakukan penelitian-penelitian yang berkualitas.

Hal itu dirasa akan bisa membawa iklim akademik yang lebih baik. Didi berharap, dengan diserahkannya SK Guru Besar ke Prof Sukammta menjadi motivasi bagi dosen-dosen lainnya dalam meningkatkan jenjang karir fungsional, serta menguatkan iklim penelitian di UMY.

"Harapannya, memberikan berkah bagi UMY dan semakin menguatkan iklim penelitian dan meningkatkan mutu pendidikan di UMY serta memacu dan mendorong motivasi dosen-dosen untuk meningkatkan jenjang karir fungsional menjadi seorang guru besar," ujar Didi.

Rektor UMY, Dr Gunawan Budiyanto menekankan, penambahan guru besar di UMY ini sebagai semangat bagi civitas akademika. Ia menyampaikan apresiasi kepada dosen-dosen yang mau berjuang menyambut program-program peningkatan jabatan fungsional yang ada di UMY.

"Mudah-mudahan ini menjadi langkah awal kepada para dosen UMY yang sedang dipersiapkan untuk diajukan menuju jenjang karir fungsional yaitu menjadi guru besar, sehingga juga dapat meningkatkan kualitas mutu perguruan tinggi, khususnya di UMY," kata Gunawan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement