Jumat 18 Dec 2020 18:08 WIB

Gandeng 83 Ibu-ibu, Putri Habibie Luncurkan E-Book Makanan

Salah satu cucu Habibie mengajak UMKM dan ibu rumah tangga berkreasi saat pandemi.

Red: Hiru Muhammad
Putri Habibie telah meluncurkan buku terbarunya, Kumpulan Resep: #TeamRecookPutri yang merupakan hasil kolaborasi dengan 83 orang ibu Indonesia, Jumat (18/12) melalui platform Zoom
Foto: dok. Istimewa
Putri Habibie telah meluncurkan buku terbarunya, Kumpulan Resep: #TeamRecookPutri yang merupakan hasil kolaborasi dengan 83 orang ibu Indonesia, Jumat (18/12) melalui platform Zoom

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-–Merujuk pada data milik Kementerian Koperasi dan UKM tentang Perkembangan Usaha Mikro, Kecil, Menengah, dan Besar di Indonesia, sepanjang tahun 2014-2018, dari total usaha yang berjumlah 64 juta unit usaha, sebanyak 99,99 persen usaha di negara ini adalah UMKM. Dari jumlah tersebut, lebih dari 50 persen usaha mikro dan kecil dimiliki oleh perempuan, berdasarkan survei dari Bank Dunia pada tahun 2016. 

Melihat kondisi tersebut Putri Habibie telah meluncurkan buku terbarunya, Kumpulan Resep: #TeamRecookPutri” yang merupakan hasil kolaborasi dengan 83 orang ibu Indonesia, Jumat (18/12) melalui platform Zoom. Putri ingin mendorong para ibu rumah tangga dan UMKM Indonesia untuk berkreasi bisnis rumahan di saat pandemi Covid-19. 

Buku dalam format digital (e-book) ini sejak awal ditujukan sebagai ungkapan terima kasihnya kepada anggota komunitas #TeamRecookPutri yang suportif dan penuh semangat positif. #TeamRecookPutri sendiri merupakan nama untuk komunitas daring yang ia bangun. 

Penulis buku My Little Home Cook ini merasa sangat terinspirasi oleh ibu-ibu Indonesia yang memiliki multiperan dalam keseharian mereka.  “Tahun ini aku punya kejutan untuk teman-teman di hari ulang tahunku, dengan membagikan ratusan resep dari ibu-ibu Indonesia untuk para ibu Indonesia lainnya. Biasanya aku menerima kado dari teman-teman, kali ini izinkan aku yang membalas kebaikan kalian,” kata Putri. 

Di tengah pandemi Covid-19, perempuan yang belum pernah memiliki usaha, dapat memulainya dengan langkah kecil melalui bisnis rumahan. Buku digital “Kumpulan Resep: #TeamRecookPutri” menyajikan variasi resep yang dapat menjadi ide dan inspirasi bagi para ibu Indonesia. Dari kolaborasi bersama komunitas #TeamRecookPutri inilah, terpilih 83 orang ibu Indonesia yang membagikan resep mereka di buku ini. Wanita yang juga salah satu cucu mendiang Presiden Republika Indonesia BJ Habibie ini juga turut membagikan tiga resep andalannya, berupa macaroni cheese, fried chicken kriwil, dan easy mango drink.

Putri menyampaikan harapannya akan lahirnya pemilik-pemilik UMKM baru dan membantu mendorong kreasi UMKM Indonesia, yang memasak ulang resep-resep dari buku “Kumpulan Resep: #TeamRecookPutri”. Tidak hanya memasak ulang, namun juga membangun usaha rumahan dengan berjualan makanan menggunakan resep dari buku tersebut. “Aku optimistis para perempuan, terutama ibu rumah tangga, dapat mulai berjualan secepat mungkin setelah praktik memasak ulang resep makanan yang ada di dalam buku ini. Resep-resep yang kubagikan terpilih karena mudah dari bahan yang diperlukan hingga cara memasaknya,” ujar Putri. 

E-book kumpulan resep ini dapat diunduh secara gratis di situs resmi Putri, putrihabibie.com, mulai 18 Desember 2020. Sepanjang bulan Desember 2020, seiring dengan peluncuran buku terbarunya, Putri akan mengadakan penggalangan dana yang akan disalurkan kepada ibu rumah tangga anggota Koperasi Kasih Indonesia (KKI). Kegiatan ini akan dilakukan lewat kampanye #BisaUsaha bersama platform penggalangan dana dan donasi secara daring, Kitabisa.com. 

Menutup tahun 2020 dengan peluncuran buku menjadi gerbang dimulainya rencana roadshow Putri pada tahun 2021 yang akan berfokus pada pembangunan dan pendampingan keterampilan memasak, berbisnis, dan sosialisasi nutrisi keluarga untuk para ibu Indonesia. Rencana ini selaras dengan impian Putri untuk bisa turut berperan dalam pembangunan bangsa Indonesia. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement