Jumat 18 Dec 2020 22:29 WIB

Jalan Bandung-Cianjur Selatan Rampung Akhir Tahun

Pengendara diminta tidak berswafoto di sepanjang tebing Rancaembe.

Red: Ilham Tirta
Pembangunan jalan (ilustrasi).
Foto: Sigid Kurniawan/Antara
Pembangunan jalan (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, CIANJUR -- Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui PJN 2 PPK 2.5 Jawa Barat, menargetkan pembangunan jalan nasional yang menghubungkan Bandung-Cianjur Selatan, terutama di kilometer 226 dan 2250, dapat selesai akhir 2020. Dengan demikian, arus kendaraan di jalur tersebut dapat melintas sekaligus meningkatkan roda perekonomian di wilayah Jawa Barat bagian selatan.

                               

"Perbaikan dan pembangunan jalan serta tebing Rancaembe-Naringgul-Cidaun, yang semula sempit dan rawan terjadi longsor, di akhir tahun ditargetkan sudah tuntas, sehingga jalan nasional yang menghubungkan Cianjur-Bandung, sudah dapat dilalui dengan baik," kata Kepala Pengawas Lapangan Kementerian PUPR PJN2, PPK 2.5 Jabar, Heri Kusherna, Jumat (18/12).

                               

Ia menjelaskan, tebing yang rawan longsor menutup landasan jalan, telah dipasang kawat baja penahan longsor. Pemasangan kawat ini bertujuan agar saat terjadi longsor, material batu dan tanah, tidak langsung menutup landasan jalan yang kerap terjadi selama satu bulan terakhir.

Pihaknya juga mengimbau pengguna jalan untuk tidak berswafoto di sepanjang tebing Rancaembe karena masih rawan terjadi longsor. "Saat ini kami juga sedang mengerjakan perbaikan jalan nasional mulai dari Soreang-Ciwidey-Ranacbali sampai akhir tahun, mulai dari kilometer 225 yang dulu pernah longsor di Kecamatan Cidaun, sehingga nantinya pengguna jalan akan aman dan nyaman melewati jalur nasional Naringgul-Cidaun," katanya.                        

Warga sekitar, terutama yang tinggal di Kecamatan Naringgul dan Cidaun, menyambut baik penyelesaian pembangunan jalan oleh Kementerian PUPR. Jalan yang awalnya sempit dan rawan terjadi longsor saat ini sudah lebar dan leluasa dilalui kendaraan.

                               

"Akhirnya tidak ada lagi jalan jelek di selatan Cianjur, tepatnya antara Cidaun-Naringgul hingga Ciwidey-Bandung. Roda perekonomian semakin lancar dengan pembangunan jalan Rancaembe yang selama ini dikenal rawan longsor dan kecelakaan tunggal, karena sempit," katanya.

                           

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
سَيَقُوْلُ الَّذِيْنَ اَشْرَكُوْا لَوْ شَاۤءَ اللّٰهُ مَآ اَشْرَكْنَا وَلَآ اٰبَاۤؤُنَا وَلَا حَرَّمْنَا مِنْ شَيْءٍۗ كَذٰلِكَ كَذَّبَ الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِهِمْ حَتّٰى ذَاقُوْا بَأْسَنَاۗ قُلْ هَلْ عِنْدَكُمْ مِّنْ عِلْمٍ فَتُخْرِجُوْهُ لَنَاۗ اِنْ تَتَّبِعُوْنَ اِلَّا الظَّنَّ وَاِنْ اَنْتُمْ اِلَّا تَخْرُصُوْنَ
Orang-orang musyrik akan berkata, “Jika Allah menghendaki, tentu kami tidak akan mempersekutukan-Nya, begitu pula nenek moyang kami, dan kami tidak akan mengharamkan apa pun.” Demikian pula orang-orang sebelum mereka yang telah mendustakan (para rasul) sampai mereka merasakan azab Kami. Katakanlah (Muhammad), “Apakah kamu mempunyai pengetahuan yang dapat kamu kemukakan kepada kami? Yang kamu ikuti hanya persangkaan belaka, dan kamu hanya mengira.”

(QS. Al-An'am ayat 148)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement