Ahad 20 Dec 2020 20:20 WIB

Pandemi, Radio Jadi Sarana Pendidikan Jarak Jauh di Papua

Siaran melalui stasiun radio sangat membantu khususnya di perdalaman.

Red: Ratna Puspita
Pemancar radio (Ilustrasi). Dinas Pendidikan, Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Papua menyebutkan, pemancar stasiun radio menjadi sarana bantu proses belajar siswa selama pandemi khususnya di wilayah perdalaman Bumi Cenderawasih itu.
Foto: .
Pemancar radio (Ilustrasi). Dinas Pendidikan, Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Papua menyebutkan, pemancar stasiun radio menjadi sarana bantu proses belajar siswa selama pandemi khususnya di wilayah perdalaman Bumi Cenderawasih itu.

REPUBLIKA.CO.ID, JAYAPURA -- Dinas Pendidikan, Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Papua menyebutkan, pemancar stasiun radio menjadi sarana bantu proses belajar siswa selama pandemi khususnya di wilayah perdalaman Bumi Cenderawasih itu. Dalam program pendidikan kini terutama pada masa pandemi, siaran melalui stasiun radio sangat membantu khususnya di perdalaman yang tidak terjangkau internet dan TV.

"Untuk itu, kami telah membagikan pesawat radio agar dapat membantu anak-anak di pedalaman," kata Kepala Dinas Pendidikan, Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Papua Christian Sohilait, di Jayapura, Ahad (20/12).

Baca Juga

Menurut Christian, jaringan radio gereja, ORARI, RAPI. dan lainnya telah banyak membantu program pendidikan di Papua untuk menyampaikan materi dan informasi pendidikan selama pandemi ini. "Memang belum efektif. Namun, saya lihat radio punya jangkauan yang luas, misalnya contoh di wilayah Gamelia Kabupaten Jayawijaya ada sekolah yang melakukan proses belajar mengajar melalui radio," ujarnya.

Dia menjelaskan jadi gurunya ada di Wamena dan siswanya ada di Gamelia, sekolah ini akhirnya melakukan proses belajar mengajar dengan baik sekali menggunakan radio. "Selain proses belajar mengajar melalui radio, kami telah melakukan pembelajaran melalui media lain seperti daring, TV, buku dan media-media cetak yang ada di Papua," katanya.

Dia menambahkan semua hal telah dilakukan untuk membantu pendidikan di Papua terutama di masa pandemi Covid-19 dan salah satunya melalui radio yang telah banyak membantu.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَيَسْـَٔلُوْنَكَ عَنِ الْمَحِيْضِ ۗ قُلْ هُوَ اَذًىۙ فَاعْتَزِلُوا النِّسَاۤءَ فِى الْمَحِيْضِۙ وَلَا تَقْرَبُوْهُنَّ حَتّٰى يَطْهُرْنَ ۚ فَاِذَا تَطَهَّرْنَ فَأْتُوْهُنَّ مِنْ حَيْثُ اَمَرَكُمُ اللّٰهُ ۗ اِنَّ اللّٰهَ يُحِبُّ التَّوَّابِيْنَ وَيُحِبُّ الْمُتَطَهِّرِيْنَ
Dan mereka menanyakan kepadamu (Muhammad) tentang haid. Katakanlah, “Itu adalah sesuatu yang kotor.” Karena itu jauhilah istri pada waktu haid; dan jangan kamu dekati mereka sebelum mereka suci. Apabila mereka telah suci, campurilah mereka sesuai dengan (ketentuan) yang diperintahkan Allah kepadamu. Sungguh, Allah menyukai orang yang tobat dan menyukai orang yang menyucikan diri.

(QS. Al-Baqarah ayat 222)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement