Senin 21 Dec 2020 06:48 WIB

Pakar Sarankan Hindari Tempat Ini Saat Musim Liburan

Pakar mengimbau masyarakat menahan diri di musim liburan demi hambat Covid-19.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Nora Azizah
Pakar imbau masyarakat tahan diri di musim liburan demi hambat Covid-19 (Foto: ilustrasi)
Foto: Pixabay
Pakar imbau masyarakat tahan diri di musim liburan demi hambat Covid-19 (Foto: ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Sepekan menjelang libur akhir tahun, Amerika Serikat (AS) mencatat lonjakan kasus Covid-19. Semua negara bagian sekarang ditetapkan sebagai zona merah akibat penularan virus yang tidak terkendali.

Menanggapi itu, ahli penyakit menular AS Anthony Fauci mengimbau masyarakat untuk menahan diri guna menghambat penyebaran virus. Meski sudah ada vaksin corona, bukan berarti masyarakat boleh berhenti mewaspadai virus.

Baca Juga

Fauci menginformasikan empat tempat yang sebaiknya dihindari selama musim liburan demi menjaga kesehatan diri sendiri dan orang lain. Tempat pertama yang menurutnya wajib dihindari selama pandemi adalah bar.

"Bar sangat tidak bagus. Keramaian di bar adalah kabar buruk. Kit harus benar-benar fokus untuk menghentikannya," ucap Fauci, seperti dikutip dari laman Eat This, Senin (21/12).

Jarak sosial adalah kunci untuk mencegah penyebaran Covid-19 dan hampir mustahil menerapkannya di tempat minum lokal. Forum kedua yang dia sarankan tidak didatangi terlebih dahulu adalah pertemuan keluarga.

Fauci mendesak anggota keluarga menahan keinginan berkumpul karena pertemuan kecil pun menjadi kluster penyebaran. Dia sendiri tidak merayakan Natal dan tahun baru bersama anak-anaknya yang tinggal di tiga negara bagian berbeda.

Sang dokter tidak mau mempertaruhkan kesehatan keluarganya jika harus pergi ke bandara, naik pesawat, menumpang transportasi publik untuk berkumpul. Karena usia Fauci, anak-anaknya juga tidak ingin mengambil risiko.

Lokasi ketiga yang menurut Fauci patut diwaspadai untuk didatangi adalah restoran dalam ruang. Apabila ingin menyantap makanan restoran, pilih restoran luar ruang, membungkus makanan, atau memesannya dari rumah saja.

Pusat kebugaran menjadi tempat terakhir yang paling disarankan untuk dihindari sementara. Sebagai ganti pergi ke gym, seseorang bisa tetap berolahraga di luar ruangan, seperti joging atau bersepeda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement