Selasa 22 Dec 2020 14:34 WIB

Cara Aman Berkendara Saat Musim Hujan

Salah satu hal utama yang perlu dilakukan pengendara adalah memeriksa kondisi ban.

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Dwi Murdaningsih
Mengemudi mobil (ilustrasi)
Foto: Her
Mengemudi mobil (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Mobil memang jadi salah satu sarana transportasi yang paling ideal saat memasuki musim hujan. Demi dapat menjaga keamanan dalam perjalanan, terdapat sejumlah hal yang harus diperhatikan oleh pengendara.

Auto2000 pun membagikan sejumlah kiat agar masyarakat dapat tetap berkendara dengan aman saat memasuki musim hujan. Aftersales Division Head Auto2000, Ricky Martawijaya mengatakan, satu kesalahan kecil lebih berpotensi mengakibatkan kecelakaan ketika hujan turun.

Baca Juga

Menuruntya, kondisi jalan yang licin dan potensi terbentuknya genangan air dapat mengakibatkan aquaplaning. "Jarak pandang pengemudi juga memburuk seiring kian derasnya hujan yang turun. Oleh karena itu, diperlukan sejumlah cara khusus yang perlu diterapkan demi dapat menekan potensi kecelakaan," kata Ricky dalam keterangan pers kepada Republika beberapa waktu lalu.

Salah satu hal utama yang perlu dilakukan oleh pengendara adalah memeriksa kondisi ban. Mengingat, ban adalah satu-satunya tumpuan kendaraan yang menapak pada jalanan sehingga seluruh pengendalian kendaraan akan sangat bergantung pada komponen tersebut.

Oleh karena itu, ia sangat menyarankan agar pengendara memeriksa tingkat keausan ban. Dengan cara ini, maka pengendara dapat memastikan bahwa ban kendaraan masih memiliki alur ban yang memadai untuk memberikan traksi optimal dalam kondisi jalanan licin.

"Selanjutnya, pengendara harus melakukan pemeriksaan terhadap kondisi lampu, wiper dan cairan pembersih kaca. Seluruh instrumen ini merupakan hal yang cukup penting karena berperan sebagai penunjang visibilitas berkendara," ucapnya.

Selain itu, ia juga menyarankan agar pengendara dapat menghindari karakter berkendara yang terlalu agresif. Hal ini sangat disarankan mengingat hujan membuat kemampuan ban dan sistem pengereman mengalami penurunan yang signifikan.

Nah, lewat kesempatan ini, ia juga menyoroti soal adanya sejumlah pengendara yang menyalakan lampu hazard saat hujan deras. Menurut dia, penggunaan lampu hazard justru membuat pengendara lain bingung, terutama, saat berada di persimpangan jalan.

"Pengendara dapat menggunakan lampu senja, fog lamp atau lampu utama untuk menunjang visibiltas saat berkendara. Lampu hazard sebaiknya hanya digunakan dalam kondisi darurat seperti saat berhenti karena terdapat persoalan teknis di jalan tol," kata dia.

Selain itu, ia juga menyarankan agar pengendara dapat melakukan perawatan secara rutin di bengkel resmi seperti Auto2000. Dengan melakukan perawatan rutin, maka pengendara akan segera mengetahui komponen apa yang harus mengalami perbaikan atau penggantian sehingga kendaraan dapat beroperasi secara optimal.

Demi dapat menjembatani hal itu, Auto2000 pun kini tengah menawarkan promo PERKASA (Perbaikan Kopling, Aki dan Shock Absorber). Menurutnya, promo yang ditawarkan hingga 31 Desember tersebut hadir dengan diskon jasa sebesar 30 persen dan diskon parts sebesar 15 persen.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement