Senin 28 Dec 2020 21:01 WIB

Berkumur dengan Obat Kumur, Sebelum atau Sesudah Sikat Gigi?

Sebagian orang menutup aktivitas sikat gigi dengan berkumur menggunakan obat kumur.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Foto: ilustrasi gigi sehat
Foto: www.freepik.com
Foto: ilustrasi gigi sehat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Apa yang anda lakukan setelah menyikat gigi? Sebagian besar orang mungkin menutup aktivitas sikat gigi dengan berkumur, khususnya menggunakan obat kumur. Berkumur dengan obat kumur dilakukan dengan tujuan mengangkat kotoran lebih maksimal.

Namun, benarkah berkumur setelah menyikat gigi bisa membuat gigi lebih putih dan sehat? Laman Womans World memberikan tips sederhana mengenai hal itu. Menurut pakar, berkumur dengan obat kumur antiseptik tepat setelah menggosok gigi dapat menghilangkan semua fluorida yang mencerahkan dan mengangkat enamel yang baru saja melekat pada gigi.

Baca Juga

Faktanya, banyak dokter gigi menyarankan untuk tidak berkumur-kumur setelah Anda menggosok gigi, bahkan dengan air biasa. Pakar kesehatan gigi justru menyarankan berkumur sebelum menyikat gigi.

Selain membiarkan pasta menempel lebih lama, berkumur dengan obat antiseptik sebelum menggosok gigi juga memiliki beberapa manfaat sehat lainnya. Watertower Dental Care di Chicago menjelaskan bahwa hal tersebut dapat membantu membunuh bakteri jahat di mulut dan melonggarkan partikel atau plak yang menempel pada gigi dan gusi.

"Berkumur sebelum gosok gigi juga akan memudahkan sikat Anda untuk benar-benar membersihkan kotoran yang tersisa," kata pihak Watertower seperti dilansir dari Womans World pada Senin (28/12).

Jadi perlu diingat, untuk hasil maksimal Anda perlu menunggu 30 menit untuk memberikan waktu fluoride bekerja secara maksimal. Anda bahkan bisa memakai alarm untuk membantu menghitung mundur waktunya. Memulai dengan obat kumur adalah cara mudah untuk memastikan gigi kita tetap sehat dan cerah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement