Selasa 29 Dec 2020 07:56 WIB

7 Kriteria Kesuksesan Kader Persyarikatan Muhammadiyah

Muhammadiyah adalah gerakan yang terus dijalankan oleh kadernya.

Red: Ani Nursalikah
7 Kriteria Kesuksesan Kader Persyarikatan Muhammadiyah. Ketua Hubungan Kerja Sama Internasional PP Muhammadiyah KH Muhyiddin Junaidi.
Foto: Republika/ Yasin Habibi
7 Kriteria Kesuksesan Kader Persyarikatan Muhammadiyah. Ketua Hubungan Kerja Sama Internasional PP Muhammadiyah KH Muhyiddin Junaidi.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Ketua Hubungan Kerja Sama Internasional PP Muhammadiyah KH Muhyiddin Junaidi mengungkapkan, setidaknya perlu tujuh kriteria untuk meraih kesuksesan sebagai kader Muhammadiyah. Beliau menyampaikan hal tersebut pada Pengajian Daerah Muhammadiyah Bogor edisi ke-90 secara daring, Ahad, 27 Desember 2020.

Yang pertama adalah selalu hadir dalam setiap kegiatan/pertemuan. Hal ini penting mengingat Muhammadiyah adalah gerakan yang terus dijalankan oleh kader-kadernya. Loyalitas kader salah satunya ditunjukkan dengan selalu hadir dalam kegiatan yang dilaksanakan persyarikatan.

Baca Juga

Poin kedua yang disampaikan Kiai Muhyiddin adalah berani berbicara. Warga Muhammadiyah harus berbicara dalam konteks amar ma’ruf maupun nahi munkar, sesuai dengan karakter gerakan Muhammadiyah itu sendiri.

Selanjutnya, kader Muhammadiyah perlu belajar dari orang lain untuk maju. Dari sejak awal berdiri, Kiai Dahlan merupakan tokoh yang terbuka terhadap ide-ide kemajuan. Apa pun yang perlu diadaptasi oleh Muhammadiyah untuk kemajuan umat, Kiai Dahlan tidak segan-segan belajar darinya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement