Selasa 29 Dec 2020 22:00 WIB

Lembur? Jangan Lupa Me Time...

Meski harus bekerja lembur hendaknya tetap meluangkan waktu untuk 'me time' sejenak.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Nora Azizah
Meski harus bekerja lembur hendaknya tetap meluangkan waktu untuk 'me time' sejenak (Foto: ilustrasi)
Foto: PxHere
Meski harus bekerja lembur hendaknya tetap meluangkan waktu untuk 'me time' sejenak (Foto: ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lembur boleh saja, tetapi jangan sampai hal ini membuat anda merasa kesal dan kelelahan. Sebab, lembur yang demikian tidak baik untuk kesehatan.

Meski harus bekerja lembur hendaknya tetap meluangkan waktu untuk me time sejenak. Entah itu beristirahat dengan tidur sejenak, melihat media sosial, hingga menonton film.

Baca Juga

Bila sulit mendapatkan me time di tengah lembur, berikut ada beberapa strategi yang bisa diterapkan dilansir dari laman fastcompany, Selasa (29/12).

Atur waktu bebas kerja

Saat anda bekerja lembur, anda mungkin perlu meluangkan waktu beberapa jam di malam hari dan akhir pekan. Tetapi jika Anda tidak pernah menentukan jam, anda akan memiliki perasaan harus bekerja sepanjang waktu.

Untuk menghindari perasaan tersebut, tetapkanlah jam bebas kerja. Misalnya, luangkan waktu sejenak dari pukul 18.00 sampai 20.00 malam yang bisa anda gunakan berolahraga dan makan malam. Kemudian anda bisa mendapatkan waktu bebas kerja setelah pukul 22.00 WIB.

Perhatikan kesehatan

Di tengah kerja lembur, anda sebaiknya tetap memperhatikan kesehatan anda. Hal ini cukup sederhana, yakni dengan itidur selama tujuh jam, minum air putih yang cukup, atau istirahat lima hingga sepuluh menit selama jam kerja. Anda bisa gunakan untuk jalan-jalan kecil atau meregangkan tubuh dan memberi istirahat pada otak serta tubuh anda.

Luangkan waktu untuk hal yang anda sukai

Setiap orang memiliki aktivitas tertentu yang membuat mereka bahagia. Aktivitas itu sangat menyegarkan dan menyenangkan. Mungkin berlari, kontak dengan teman, membaca, bermain musik, memasak, bermain dengan anak-anak anda, atau menonton serial TV.

Apapun aktivitasnya, coba luangkan waktu setidaknya satu dari aktivitas yang anda sukai setiap hari. Coba luangkan waktu untuk aktivitas ini hanya 15 menit.

Bekerja lembur tidak berarti harus bekerja sepanjang waktu. Jika anda bisa meluangkan waktu untuk me time sejenak, maka anda bisa merasa sehat dan bahagia.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَجَعَلُوْا لِلّٰهِ مِمَّا ذَرَاَ مِنَ الْحَرْثِ وَالْاَنْعَامِ نَصِيْبًا فَقَالُوْا هٰذَا لِلّٰهِ بِزَعْمِهِمْ وَهٰذَا لِشُرَكَاۤىِٕنَاۚ فَمَا كَانَ لِشُرَكَاۤىِٕهِمْ فَلَا يَصِلُ اِلَى اللّٰهِ ۚوَمَا كَانَ لِلّٰهِ فَهُوَ يَصِلُ اِلٰى شُرَكَاۤىِٕهِمْۗ سَاۤءَ مَا يَحْكُمُوْنَ
Dan mereka menyediakan sebagian hasil tanaman dan hewan (bagian) untuk Allah sambil berkata menurut persangkaan mereka, “Ini untuk Allah dan yang ini untuk berhala-berhala kami.” Bagian yang untuk berhala-berhala mereka tidak akan sampai kepada Allah, dan bagian yang untuk Allah akan sampai kepada berhala-berhala mereka. Sangat buruk ketetapan mereka itu.

(QS. Al-An'am ayat 136)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement