Selasa 29 Dec 2020 22:34 WIB

Bahaya Minum Kopi Sebelum Makan Pagi

Kebiasaan minum kopi sebelum sarapan pagi dapat merusak kesehatan jangka panjang.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Nora Azizah
Kebiasaan minum kopi sebelum sarapan pagi dapat merusak kesehatan jangka panjang (Foto: ilustrasi)
Foto: Pixy.org
Kebiasaan minum kopi sebelum sarapan pagi dapat merusak kesehatan jangka panjang (Foto: ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menyeruput kopi hampir selalu dilakukan di pagi hari saat perut masih kosong. Bila anda sering menerapkan hal ini, sebaiknya segera mengubahnya. Berdasarkan sebuah studi baru dari Universitas of Bath, kebiasaan minum kopi sebelum sarapan pagi dapat merusak kesehatan jangka panjang.

Para peneliti menganjurkan, sebaiknya minumlah kopi setelah sarapan untuk kesehatan jangka panjang. Hal ini berkaitan dengan dampak mengejutkan kopi pada gula darah.

Baca Juga

Melansir laman slashgear, Selasa (29/12), sebuah studi kecil dilakukan pada 29 peserta yang diminta mengkonsumsi kopi sebelum sarapan, setelah mengalami sulit tidur. Peserta juga diminta minum glukosa, setelah mengalami gangguan tidur dalam eksperimen berbeda.

Kemudian, partisipan juga meminum minuman glukosa setelah tidur malam yang teratur pada eksperimen ketiga. Hasil studi tak menguntungkan terjadi pada mereka yang sering minum kopi saat bangun tidur.

Kesulitan tidur satu malam tidak memengaruhi kemampuan tubuh memproses gula menu sarapan. Namun, hal itu hanya berlaku jika mereka tidak minum kopi terlebih dahulu. Ketika partisipan diminta meminum kopi hitam kental setelah mengalami gangguan tidur malam, tes darah mengungkapkan bahwa kemampuan tubuh mereka memproses gula darah berkurang.

“Memulai hari setelah tidur malam yang buruk dengan kopi kental memang memiliki efek negatif pada metabolisme glukosa sekitar 50 persen,” kata Harry Smith selaku Peneliti Utama dalam studi tersebut

Mempertahankan kadar gula darah yang tepat sangat penting untuk kesehatan jangka panjang. Temuan itu menunjukkan bahwa mungkin lebih baik seseorang sarapan terlebih dahulu, sebelum minum kopi di pagi hari.

Selain itu, seseorang harus mencoba menyeimbangkan potensi manfaat stimulasi kopi berkafein di pagi hari dengan potensi kadar glukosa darah yang lebih tinggi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement