Selasa 29 Dec 2020 22:41 WIB

4 Sumber Karbohidrat Ini Boleh Dimakan Setiap Hari

Tidak semua karbohidrat buruk bagi tubuh.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Nora Azizah
Tidak semua karbohidrat buruk bagi tubuh (Foto: ilustrasi)
Foto: The Blue Diamond Gallery
Tidak semua karbohidrat buruk bagi tubuh (Foto: ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tak semua karbohidrat buruk untuk tubuh. Anggapan itu sama sekali tidak benar, dan belum tentu pula membatasi asupan karbohidrat baik untuk kesehatan atau upaya dalam menurunkan berat badan.

Sebagian besar pakar nutrisi mungkin setuju dengan gagasan menjauhi karbohidrat olahan dengan indeks glikemik tinggi, seperti roti putih, nasi putih, atau kue kering. Namun, ada pula sejumlah makanan dengan karbohidrat kompleks.

Baca Juga

Jenis karbohidrat ini baik untuk tubuh karena cenderung tinggi protein dan kaya serat. Berikut sejumlah makanan mengandung karbohidrat yang dapat dikonsumsi setiap hari tanpa menambah berat badan, dikutip dari laman SheFinds, Selasa (29/12).

Kinoa

Kinoa atau quinoa kaya akan protein, serat, dan berbagai vitamin, terutama vitamin B. Makan kinoa secara teratur membantu tubuh mengubah makanan menjadi energi, yang artinya mencerna lebih cepat dan ada lebih sedikit kalori yang diubah menjadi lemak.

Oat

Oat adalah salah satu makanan dengan kandungan karbohidrat sehat, serta sangat baik karena kandungan seratnya yang tinggi. Biji-bijian ini dapat membantu menurunkan berat badan, mengatur metabolisme, dan menurunkan kadar gula darah.

Labu

Kebanyakan orang tidak secara otomatis memikirkan karbohidrat saat bicara tentang sayuran. Padahal, ada beberapa sayuran yang kaya akan karbohidrat sehat, salah satunya labu. Sayuran musiman ini juga mengandung serat, zat besi, kalium, dan antioksidan.

Yoghurt

Yoghurt kerap terlupakan sebagai sumber karbohidrat, yang juga mengoptimalkan fungsi pencernaan dan meningkatkan pembakaran lemak. Konsumsi yogurt secara teratur juga baik untuk asupan kalsium, vitamin D, dan probiotik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement