Rabu 30 Dec 2020 04:00 WIB

Leeds United Hajar West Bromwich Albion 5-0

Satu gol Leeds United disumbangkan oleh pemain West Brom, Romain Sawyers.

Red: Ratna Puspita
Rapinha (tengah) setelah mencetak gol kelima Leeds United ke gawang West Brom.
Foto: EPA-EFE/Tim Keeton
Rapinha (tengah) setelah mencetak gol kelima Leeds United ke gawang West Brom.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Leeds United memberondong lima gol ke gawang West Bromwich Albion. Leeds pun membukukan kemenangan 5-0 dalam laga pekan ke-16 Liga Inggris di Stadion The Hawthorns, West Bromwich, Selasa (29/12) waktu setempat atau Rabu (30/12) dini hari WIB.

Tak seperti juara bertahan Liverpool yang gagal mengonversi dominasi mereka kontra West Brom dua hari lalu, Leeds mampu memanfaatkan 75 persen bola menjadi lima gol ke gawang tim besutan Sam Allardyce.  Bahkan gol pertama yang melesak ke gawang West Brom dicetak oleh gelandang bertahan mereka sendiri, Romain Sawyers, saat laga baru berjalan sembilan menit

Baca Juga

Sawyers secara ceroboh mengirim umpan balik ketika dikawal Rodrigo Moreno. Padahal, kiper Sam Johnstone sudah meninggalkan gawang.

Sejak itu, Leeds terus menggempur pertahanan West Brom. Pada menit ke-31, Ezgjan Alioski bereaksi cermat ketika menyambar bola muntah untuk menyarangkannya ke area tiang jauh.

Lima menit kemudian, pemain pinjaman Manchester City Jack Harrison mencetak gol ketiga Leeds. Ia menyelesaikan situasi umpan satu dua bersama Patrick Bamford dengan sepakan keras ke pojok kiri atas gawang.

West Brom yang berusaha keluar dari tekanan memaksa bek sayap Darnell Furlong melakukan tendangan spekulasi dari luar kotak penalti tetapi bola masih melayang di atas mistar gawang. Pada menit ke-40, Rodrigo menambah keunggulan Leeds jadi 4-0 setelah ia menyambut umpan sodoran Mateusz Klich dengan tembakan sentuhan pertama yang sempat membentur bek West Brom sehingga bola berbelok membuat Johnstone terkecoh.

Keunggulan empat gol membuat Leeds sedikit menurunkan tempo serangan mereka di babak kedua, tetapi pada menit ke-72 Raphinha melepaskan tembakan keras setelah menerima umpan dari Stuart Dallas untuk memperbesar keunggulan jadi 5-0. Leeds terus berusaha menambah gol tiap kali memiliki penguasaan bola, tetapi Marcelo Bielsa patut puas dengan skor kemenangan 5-0 saat peluit tanda laga usai berbunyi.

Kemenangan itu mengangkat posisi Leeds ke urutan ke-11 dengan raihan 23 poin, sedangkan West Brom ajeg di posisi kedua dari dasar klasemen dengan delapan poin, demikian catatan laman resmi Liga Inggris. Kedua tim kembali bermain pada Sabtu (2/1) akhir pekan ini, saat West Brom menjamu Arsenal dan Leeds melawat ke markas Tottenham Hotspur.

Klasemen Premier League Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement