Rabu 30 Dec 2020 20:02 WIB

Nutrisi dan Makanan Sehat untuk Tingkatkan Fungsi Mata

Agar kebutuhan vitamin A untuk tubuh terpenuhi, jangan lupa menyantap wortel.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti
Kesehatan mata (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com
Kesehatan mata (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mata manusia adalah organ yang sangat kompleks, terdiri dari berbagai bagian berbeda. Menjaganya tetap sehat sangat penting untuk mempertahankan kualitas penglihatan, salah satunya lewat makanan yang dikonsumsi setiap hari.

Pakar optalmologi Elfride Farokh Sanjana menyebutkan beberapa nutrisi penting untuk menjaga kesehatan mata tetap prima. Seperti informasi yang sudah menjadi pengetahuan umum, nutrisi esensial paling mengemuka adalah vitamin A.

Ahli di bidang ilmu kedokteran yang khusus mempelajari penyakit mata tersebut menjelaskan, vitamin A berguna melindungi kornea, permukaan terluar dari mata. Jenis vitamin larut itu juga mendukung fungsi retina, bagian mata yang berperan menangkap cahaya.

"Studi menunjukkan bahwa defisiensi vitamin A bisa mengakibatkan rabun senja, infeksi mata, mata kering, glaukoma, degenerasi makula, dan inflamasi mata," kata Sanjana, seperti dikutip dari laman India Times, Rabu (30/12).

Agar kebutuhan vitamin A untuk tubuh terpenuhi, jangan lupa menyantap wortel, ubi, pepaya, serta buah dan sayuran berwarna. Sayuran berdaun hijau seperti bayam dan kale juga bagus dikonsumsi, sebab kaya akan nutrisi lutein.

Lutein yang merupakan karotenoid berguna untuk mencegah degenerasi makula dan kondisi low vision pada usia lebih tua. Telur juga sumber baik untuk lutein, selain kandungan zeaxanthin, zinc, serta vitamin C dan E.

Sanjana menjelaskan, zeaxanthin adalah karotenoid yang memperbaiki kemampuan mata, ketika penambahan usia membuat fungsinya menurun. Nutrisi ini seperti kacamata alami, memberi proteksi mata dari sinar matahari dan cahaya perangkat digital.

Selanjutnya, ada vitamin C yang disebut Sanjana sebagai antioksidan kuat untuk menangkal radikal bebas. "Vitamin ini meningkatkan produksi kolagen, protein yang membantu menjaga struktur kornea dan bagian putih mata tetap indah," ujarnya.

Dosis besar vitamin C bisa didapat dari berbagai jenis sitrus, serta aneka ragam buah berry. Sanjana menyarankan pula menyantap kacang kenari, kacang almond, dan biji chia yang merupakan sumber alami untuk vitamin E dan asam lemak omega-3.

Asam lemak omega-3 sangat dibutuhkan untuk membangun tubuh secara keseluruhan, juga melindungi mata dari kekeringan. Sedangkan vitamin E melindungi sel-sel mata dari kerusakan akibat radikal bebas dan mencegah terjadinya katarak.

Terakhir, ada zinc yang dijuluki Sanjana sebagai mineral pembantu molekul. Konsentrasi zinc dalam jumlah besar ditemukan di bagian retina mata dan lapisan jaringan pembuluh darah di bawahnya bernama koroid.

Zinc memainkan peranan penting untuk membawa vitamin A dari liver menuju retina, sehingga pigmen pelindung melanin bisa diproduksi. Sebagai tambahan, zinc juga efektif mencegah kerusakan saraf optik pada mata.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement