Rabu 06 Jan 2021 07:19 WIB

Waktu Sholat Bandung dan Sekitarnya Hari Ini

Berikut ini waktu salat Bandung dan sekitarnya hari ini Rabu, 6 Januari 2021

Rep: ayobandung.com/ Red: ayobandung.com
 Jadwal sholat di Bandung
Jadwal sholat di Bandung

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Berikut ini waktu salat Bandung dan sekitarnya hari ini Rabu, 6 Januari 2021, mulai Subuh, Zuhur, Asar, Magrib, Isya.

Subuh 04.15

Terbit 05.40

Zuhur 11.55

Asar 15.22

Magrib 18.11

Isya 19.26

Zikir Sesudah Salat

Imam Besar Masjid Istiqlal KH Nasaruddin Umar berbagi bacaan zikir yang sering dibacanya. KH Nasaruddin Umar mengatakan zikir ini diajarkan kepadanya saat menjadi santri pondok pesantren. Adapun bacaannya adalah sebagai berikut.

1. Memulai dengan membaca Istighfar

أَسْتَغْفِرُ اللهَ العظيم

Astaghfirullahal Adzim

2. Membaca kalimat tauhid 10 kali

لاَ إِلَـهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرُ

Laa ilaha illallah wahdahu laa syarika lah, lahul mulku wa lahul hamdu wa huwa ‘ala kulli syai-in qodiir. 

3. Membaca ayat kursi

ٱللَّهُ لَآ إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ ٱلْحَىُّ ٱلْقَيُّومُ ۚ لَا تَأْخُذُهُۥ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ ۚ لَّهُۥ مَا فِى ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَمَا فِى ٱلْأَرْضِ ۗ مَن ذَا ٱلَّذِى يَشْفَعُ عِندَهُۥٓ إِلَّا بِإِذْنِهِۦ ۚ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ ۖ وَلَا يُحِيطُونَ بِشَىْءٍ مِّنْ عِلْمِهِۦٓ إِلَّا بِمَا شَآءَ ۚ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضَ ۖ وَلَا يَـُٔودُهُۥ حِفْظُهُمَا ۚ وَهُوَ ٱلْعَلِىُّ ٱلْعَظِيمُ

Allahu la ilaha illa huw, al-ḥayyul-qayyụm, la ta`khuzuhụ sinatuw wa la na`ụm, lahụ ma fis-samāwāti wa mā fil-arḍ, man żallażī yasyfa'u 'indahū illā bi`iżnih, ya'lamu mā baina aidīhim wa mā khalfahum, wa lā yuḥīṭụna bisyai`im min 'ilmihī illā bimā syā`, wasi'a kursiyyuhus-samāwāti wal-arḍ, wa lā ya`ụduhụ ḥifẓuhumā, wa huwal-'aliyyul-'aẓīm

4. Membaca ayat awal Surat Al-Baqarah 1-5

5. Membaca ayat terakhir Surat Al-Baqarah

6. Membaca surat Al-Ikhlas

7. Membaca surat Al-Falaq

8. Membaca surat An-Nas

9. Membaca Subhanallah 33 kali

10. Membaca Alhamdulillah 33 kali

11. Membaca Allahu Akbar 33 kali

12. Lalu berdoa. Jika mau ditambah bisa membaca Laa ilaha illallah.

KH Nasaruddin juga mengatakan, zikir yang paling utama adalah niatnya. Melakukannya sendiri atau berjemaah sama-sama memiliki kelebihan bagi ornag yang mengerjakannya.

"Bagi saya tergantung niatnya, kalau kita salat berjamaah, 27 kali lebih utama daripada kita salat sendiri. Ditambah kalau kita zikir berjamaah bersama teman-teman apalagi dipandu oleh tokoh yang dikagumi, maka akan semakin dekat dengan Tuhan," ujarnya. 

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَقَالَتِ الْيَهُوْدُ يَدُ اللّٰهِ مَغْلُوْلَةٌ ۗغُلَّتْ اَيْدِيْهِمْ وَلُعِنُوْا بِمَا قَالُوْا ۘ بَلْ يَدٰهُ مَبْسُوْطَتٰنِۙ يُنْفِقُ كَيْفَ يَشَاۤءُۗ وَلَيَزِيْدَنَّ كَثِيْرًا مِّنْهُمْ مَّآ اُنْزِلَ اِلَيْكَ مِنْ رَّبِّكَ طُغْيَانًا وَّكُفْرًاۗ وَاَلْقَيْنَا بَيْنَهُمُ الْعَدَاوَةَ وَالْبَغْضَاۤءَ اِلٰى يَوْمِ الْقِيٰمَةِۗ كُلَّمَآ اَوْقَدُوْا نَارًا لِّلْحَرْبِ اَطْفَاَهَا اللّٰهُ ۙوَيَسْعَوْنَ فِى الْاَرْضِ فَسَادًاۗ وَاللّٰهُ لَا يُحِبُّ الْمُفْسِدِيْنَ
Dan orang-orang Yahudi berkata, “Tangan Allah terbelenggu.” Sebenarnya tangan merekalah yang dibelenggu dan merekalah yang dilaknat disebabkan apa yang telah mereka katakan itu, padahal kedua tangan Allah terbuka; Dia memberi rezeki sebagaimana Dia kehendaki. Dan (Al-Qur'an) yang diturunkan kepadamu dari Tuhanmu itu pasti akan menambah kedurhakaan dan kekafiran bagi kebanyakan mereka. Dan Kami timbulkan permusuhan dan kebencian di antara mereka sampai hari Kiamat. Setiap mereka menyalakan api peperangan, Allah memadamkannya. Dan mereka berusaha (menimbulkan) kerusakan di bumi. Dan Allah tidak menyukai orang-orang yang berbuat kerusakan.

(QS. Al-Ma'idah ayat 64)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement