Jumat 29 Jan 2021 05:07 WIB

Apa Itu Puasa Daud dan Apa Manfaatnya?

Puasa Daud adalah puasa sunnah yang utama dan sangat dianjurkan

Rep: suaramuhammadiyah.id (suara muhammadiyah)/ Red: suaramuhammadiyah.id (suara muhammadiyah)
Puasa Dawud dalam Pandangan Muhammadiyah | Suara Muhammadiyah
Puasa Dawud dalam Pandangan Muhammadiyah | Suara Muhammadiyah

Puasa Daud adalah puasa sunnah yang utama dan sangat dianjurkan bagi umat Nabi Muhammad saw

Pertanyaan:

Assalamu ‘alaikum wr. wb.

Bagaimana pandangan Muhammadiyah terhadap puasa sunnah Daud? Mohon penjelasan. Terima kasih.

Wassalamu ‘alaikum wr. wb.

M Iqbal (disidangkan pada Jumat, 6 Muharam 1441 H / 6 September 2019 M)

Jawaban:

Wa ‘alaikumus salam wr. wb.

Sebelumnya kami haturkan terima kasih atas pertanyaan yang saudara sampaikan kepada Tim Fatwa Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah. Berikut ini kami sampaikan jawabannya, semoga dapat memberikan pencerahan.

Puasa Daud adalah puasa tathawu’ (sunnah) yang telah diputuskan pada Munas Tarjih ke-26 di Padang tahun 2003. Yang dimaksud dengan puasa Daud adalah  sehari berpuasa, sehari berbuka, sehari berpuasa lagi dan hari berikutnya berbuka, demikian seterusnya.

Puasa Daud merupakan puasa sunnah yang utama bagi mereka yang ingin memperbanyak puasa, puasa yang seimbang dan dicintai Allah swt.

Disebutkan dalam sebuah hadis,

أَنَّ عَبْدَ اللهِ بْنِ عَمْرِو بْنِ الْعَاصِ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا، أَخْبَرَهُ: أَنَّ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ لَهُ: أَحَبُّ الصَّلَاةِ إِلَى اللهِ صَلَاةُ دَاوُدَ عَلَيْهِ السَّلَامُ، وَأَحَبُّ الصِيَامِ إِلَى اللهِ صِيَامُ دَاوُدَ، وَكَانَ يَنَامُ نِصْفَ اللَّيْلِ وَيَقُومُ ثُلُثَهُ، وَيَنَامُ سُدُسَهُ، وَيَصُومُ يَوْمًا، وَيُفْطِرُ يَوْمًا [رواه البخاري].

Bahwasanya Abdullah bin Amr bin Ash ra. [diriwayatkan] dikhabarkan kepadanya sesungguhnya Rasulullah saw. bersabda padanya, shalat yang paling dicintai Allah adalah shalat Nabi Daud dan puasa yang paling dicintai Allah adalah puasa Nabi Daud, ia tidur separuh malam kemudian shalat di sepertiganya dan tidur lagi di seperenamnya, ia puasa sehari serta berbuka sehari [H.R. al-Bukhari No. 1131].

Dalam hadis lain juga disebutkan,

عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ عَمْرٍو، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: أَفْضَلُ الصِّيَامِ صِيَامُ دَاوُدَ عَلَيْهِ السَّلَامُ، كَانَ يَصُومُ يَوْمًا وَيُفْطِرُ يَوْمًا [رواه النسائي].

Dari Abdullah bin Amr [diriwayatkan] ia berkata, Rasulullah saw. bersabda, puasa yang paling utama adalah puasa Nabi Dawud a.s., beliau berpuasa sehari dan berbuka sehari [H.R. an-Nasa’i No. 2338].

Puasa Daud ini dinasihatkan kepada seseorang yang secara terus menerus melakukan ibadah di malam hari dan puasa di siang hari, sehingga Nabi saw. diberi petunjuk agar setiap minggunya tiga hari saja. Tetapi orang itu masih mendesak untuk dapat melakukan puasa lebih dari tiga hari dan merasa punya kemampuan untuk melakukan puasa lebih dari itu. Oleh sebab itu dalam hadis disebutkan,

عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ عَمْرٍو، قَالَ: قَالَ لِي رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: صُمْ صَوْمَ نَبِيِّ اللهِ دَاوُدَ، وَلَا تَزِدْ عَلَيْهِ، قُلْتُ: يَا رَسُولَ اللَهِ، وَمَا كَانَ صِيَامُ دَاوُدَ؟ قَالَ: كَانَ يَصُومُ يَوْمًا وَيُفْطِرُ يَوْمًا [رواه أحمد و غيره].

Dari ‘Abdullah bin ‘Amr [diriwayatkan] ia berkata, Rasulullah saw. bersabda kepadaku, puasalah seperti puasanya Nabi Daud, dan janganlah menambahnya. Aku bertanya (‘Abdullah bin ‘Amr), Wahai Rasulullah, bagaimana puasa Nabi Daud itu? Nabi saw menjawab, dahulu Nabi Daud puasa sehari dan berbuka sehari [H.R. Ahmad dan lainnya No. 6867].

Anjuran untuk melakukan puasa sebagaimana puasa Nabi Daud seperti tersebut dalam hadis di atas diikuti satu larangan yang berbunyi: wa laa tazid ‘alaih (jangan engkau menambahnya). Larangan itu dapat dijadikan dalil untuk melarang orang yang berpuasa melebihi puasanya Nabi Dawud.

Dalam pandangan Muhammadiyah, berdasarkan hadis-hadis dan kesepakatan ulama mengenai sunnahnya puasa Daud sekaligus merupakan puasa yang paling dicintai Allah swt, maka puasa Daud adalah puasa sunnah yang utama dan sangat dianjurkan bagi umat Nabi Muhammad saw.

Demikian jawaban mengenai pandangan Muhammadiyah terhadap puasa sunnah Daud, semoga bermanfaat.

Wallahu a‘lam bish-shawab

Rubrik Tanya Jawab Agama Diasuh Divisi Fatwa Majelis Tarjih dan Tajdid

Pimpinan Pusat Muhammadiyah

Sumber: Majalah SM No 4 Tahun 2020

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement