Rabu 13 Jan 2021 01:51 WIB

Proses Registrasi dan Verifikasi Penerima Vaksin Covid-19

Proses pemberitahuan pada sasaran penerima vaksinasi sudah dilakukan sejak akhir 2020

Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Foto: Republika
Proses Registrasi dan Verifikasi Penerima Vaksin Covid-19

REPUBLIKA.CO.ID, Program pelaksanaan vaksinasi COVID-19 akan segera dilakukan setelah Badan Pengawas Obat dan Makanan mengeluarkan izin penggunaan darurat (EUA). Proses pemberitahuan pada sasaran penerima vaksinasi sudah dilakukan sejak akhir 2020.

Untuk lebih jelasnya, berikut proses registrasi dan verifikasi sasaran penerima vaksinasi Covid:

1. Sasaran penerima vaksinasi akan menerima notifikasi/pemberitahuan melalui SMS Blast dengan ID pengirim: PEDULICOVID, selanjutnya sasaran akan melakukan registrasi ulang untuk memilih tempat serta jadwal layanan melalui SMS 1199, UMB *119#, aplikasi Pedulilindungi, web pedulilindungi.id atau melalui Babinsa/Babinkamtibmas setempat.

2. Registrasi ulang sebagaimana dimaksud angka 1 meliputi juga upaya verifikasi dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang akan ditanyakan oleh sistem untuk mengonfirmasi domisili serta self-screening sederhana terhadap penyakit penyerta yang diderita.

3. Setelah sasaran melakukan verifikasi, sasaran memilih lokasi pelaksanaan dan jadwal vaksinasi. Selanjutnya, Sistem Informasi Satu Data Vaksinasi COVID-19 akan mengirimkan tiket elektronik sebagai undangan kepada masing-masing sasaran penerima vaksin COVID-19 yang telah terverifikasi.

4. Pengingat jadwal layanan akan dikirimkan oleh sistem via SMS atau aplikasi Peduli Lindungi kepada sasaran.

sumber: Satgas Covid-19 pengolah: Ichsan Emrald Alamsyah

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement