Kamis 14 Jan 2021 07:59 WIB

Guardiola: Phil Foden Sudah Layak Jadi Starter City

Foden sudah nyaman dan terbiasa dengan persaingan di tim utama Manchester City.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Gelandang Manchester City Phil Foden mengontrol bola.
Foto: Peter Powell / Pool via AP
Gelandang Manchester City Phil Foden mengontrol bola.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Gelandang asal Inggris, Phil Foden, menjadi pahlawan kemenangan Manchester City atas Brighton and Hove Albion pada pekan ke-18 Liga Primer Inggris, Kamis (14/1) dini hari WIB. Sepakan gelandang berusia 20 tahun itu membobol gawang Brighton pada penghujung babak pertama.

Itu menjadi satu-satunya gol dalam laga yang digelar di Stadion Etihad tersebut. Kemenangan tipis, 1-0, atas the Seagulls ini membawa City langsung naik dua peringkat ke posisi ketiga klasemen sementara Liga Primer Inggris dengan koleksi 32 poin. Dengan masih mengantongi satu laga tunda, City hanya terpaut empat poin dari Manchester United, yang berada di puncak klasemen sementara.

Gol ke gawang the Seagulls menjadi gol kedelapan Foden pada musim ini di semua ajang. Koleksi delapan gol itu pun membawa jebolan akademi sepak bola City itu menjadi pemain tersubur di skuat City pada musim ini. Tidak hanya itu, laga kontra Brighton merupakan partai keempat Foden tampil sebagai starter secara beruntun.

Meski telah dipromosikan ke tim utama City pada musim 2016/2017, Foden jarang mendapatkan kesempatan tampil sebagai starter. Pada musim lalu, dari 23 penampilan di Liga Primer Inggris, Foden hanya merumput sebanyak sembilan kali dari awal laga. Namun, di empat penampilan terakhirnya di semua ajang pada musim ini, Foden berhasil menyumbangkan dua gol dan satu assist.

Kontribusi maksimal Foden begitu terlihat saat City mencukur Chelsea, 3-1. Di laga itu, Foden mencetak satu gol dan satu assist. Mengacu pada performa impresif Foden itu, pelatih City, Pep Guardiola, mulai yakin untuk memberikan satu posisi di starting line-up City kepada gelandang timnas Inggris tersebut.

''Ini menjadi penampilan apik lagi dari Foden. Dia adalah pemain yang memiliki insting kuat dalam mencetak gol, tidak hanya dengan kaki kiri, tapi juga dengan kaki kanan. Dia sudah layak tampil sebagai starter di tim ini. Dia sudah meningkatkan standar permainannya,''  ujar Guardiola usai laga kontra Brighton seperti dilansir Press Association, Kamis (14/1).

Klasemen Premier League Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement