Jumat 15 Jan 2021 05:22 WIB

Mengapa Allah SWT Menguji Manusia?

Ujian atau musibah yang dirasakan tidak memandang saleh atau jahatnya seseorang

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Esthi Maharani
Berdoa kepada Allah SWT (ilustrasi)
Foto: Niranjan Shrestha/AP
Berdoa kepada Allah SWT (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Tidak sedikit orang yang mengaku sedang depresi, membuatnya sampai mempertanyakan keberadaan Allah SWT. Mereka mempertanyakan alasan Allah menguji dirinya dan bahkan dijadikan alasan meragukan keberadaan-Nya.

Penulis buku dan aktivis Islam, Yasmin Mogahed dalam sebuah diskusi daring menyebut ujian atau musibah yang dirasakan manusia tidak memandang saleh atau jahatnya seseorang.  Manusia tidak terkecuali nabi-nabi juga tidak luput dari ujian.

"Semua orang diuji.  Bahkan Nabi Muhammad SAW yang paling dicintai Allah, yang terbaik dari ciptaan, yang tertinggi dari semuanya, telah melalui lebih banyak ujian daripada Anda dan saya. Dan itu adalah tanda cinta Allah," katanya dilansir dari About Islam, Sabtu (9/1).

Menurutnya, akan ada lagi pertanyaan tentang tanda cinta Allah kepada manusia. Apakah kesulitan hidup atau ujian yang diterima bisa diartikan tanda cinta Allah kepada kita?

"Biarkan aku memberitahu Anda.  Jadi seorang pria terlahir di rumah kaya, dia beruntung, dia kuat, dia memiliki otoritas, dia mendapatkan segalanya dari usia muda di sekolah. Tapi coba tebak, dia tidak pernah merasakan kesulitan," katanya.

Ia mengatakan semua kesulitan hidup bisa menjadi tanda cinta Allah agar manusia mau tetap dekat kepada-Nya. Seperti halnya seseorang yang diselamatkan dari bencana karena mobil yang ditumpangi mogok, sementara mobil mewah yang bisa berjalan terkena musibah.

"Dia Menyelamatkan Anda dari Bahaya yang Lebih Besar. Jadi Allah berfirman kepada penyembahku, Aku terlalu mencintaimu, Aku ingin kamu lebih dekat dengan-Ku sebelum kamu mati, kamu harus lebih dekat dengan-Ku," katanya.

"Jadi apa yang akan Allah lakukan untuk menyelamatkan seseorang dari bencana?. Yakni Dia akan membebankan Anda dengan sesuatu yang sangat besar, jadi Anda pergi ke bengkel mobil karena mobil rusak, tidak bisa diperbaiki dan Anda diselamatkan, anggota keluarga Anda diselamatkan," tambahnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement