Jumat 15 Jan 2021 12:15 WIB

Greta Thunberg Muncul di Perangko Swedia

Thunberg ditampilkan dalam jas hujan kuning khasnya dengan kepang tertiup angin

Rep: Dwina Agustin/ Red: Christiyaningsih
Aktivis lingkungan remaja Swedia Greta Thunberg muncul di perangko pos Swedia.
Foto: EPA
Aktivis lingkungan remaja Swedia Greta Thunberg muncul di perangko pos Swedia.

REPUBLIKA.CO.ID, STOCKHOLM -- Aktivis lingkungan remaja Swedia Greta Thunberg muncul di perangko pos di negara asalnya. Seri ini akan diterbitkan pertama kali pada Kamis (14/1).

"Harus mencerminkan zaman kita, di mana masalah lingkungan telah relevan dan hadir selama bertahun-tahun, paling tidak melalui suara kuat Greta Thunberg," kata perusahaan pos Swedia Postnord dalam sebuah pernyataan.

Baca Juga

Perilisan muka remaja ini merupakan bagian dari seri yang berfokus pada lingkungan dari seri lima prangko bertema "Alam Berharga". Thunberg ditampilkan dalam jas hujan kuning khasnya dengan kepang yang tertiup angin dan berdiri di atas bukit.

Harga masing-masing perangko adalah 12 kronor. Seri ini merupakan hasil dari ilustrasi seniman Swedia Henning Trollback.

Perempuan berusia 18 tahun ini menjadi terkenal karena protes tunggal pekanan di luar parlemen Swedia di Stockholm yang dimulai pada 20 Agustus 2018. Siswa di seluruh dunia segera mulai mengikuti langkahnya, melakukan protes besar secara teratur, dan dia diundang untuk berbicara dengan para pemimpin politik dan bisnis.

"Muncul di atas prangko berarti seseorang melakukan sesuatu yang luar biasa," kata direktur pelaksana perangko di perusahaan pos Swedia, Kristina Olofsdotter.

Thunberg menuntut agar anggota parlemen tetap berpegang pada kesepakatan iklim Paris tahun 2015 yang meminta negara kaya dan miskin untuk mengambil tindakan. Dia mengingatkan untuk mengekang kenaikan suhu global yang mencairkan gletser, menaikkan permukaan laut, dan mengubah pola curah hujan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement