Sabtu 16 Jan 2021 19:06 WIB

Rooney Gantung Sepatu demi Fokus Tangani Derby County

Rooney tercatat sebagai topskorer sepanjang masa untuk Manchester United.

Red: Didi Purwadi
Wayne Rooney memilih gantung sepatu untuk fokus menjadi pelatih Derby County.
Foto: EPA-EFE/PETER POWELL
Wayne Rooney memilih gantung sepatu untuk fokus menjadi pelatih Derby County.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wayne Rooney, mantan bintang Manchester United dan timnas Inggris, mengakhiri karier pemainnya yang mentereng untuk mengambil pekerjaan mengelola tim Championship, Derby County, secara penuh waktu. Derby mengonfirmasikan bahwa Rooney (35 tahun) telah menyetujui kontrak permanen hingga 2023, setelah menggantikan Phillip Cocu untuk sementara pada November.

"Kami dengan senang hati mengonfirmasi penunjukan Wayne Rooney sebagai manajer baru kami," kata CEO Derby County, Stephen Pearce, seperti dikutip AFP, Sabtu.

Saat menerima peran manajer, Pearce mengatakan penyerang ikonik itu memilih untuk menghentikan karier bermainnya yang cemerlang untuk sepenuhnya fokus pada pekerjaannya. Rooney bertanggung jawab atas sembilan pertandingan sebagai bos sementara di Derby. Ia mencatatkan tiga kali menang dan empat kali seri.

Rooney mengatakan dia terpesona dengan potensi Derby ketika dia tiba di klub tersebut setelah sempat bermain untuk DC United di Amerika Serikat. "Diberi kesempatan untuk mengikuti orang-orang seperti Brian Clough, Jim Smith, Frank Lampard dan Phillip Cocu adalah suatu kehormatan," kata Rooney.

"Dan saya bisa menjanjikan semua orang yang terlibat di klub dan semua fans kami, staf saya dan saya tidak akan meninggalkan kebutuhan bisnis yang terlewat dalam mencapai potensi yang telah saya saksikan selama 12 bulan terakhir dari klub sepak bola bersejarah ini."

Rooney, yang menjadi kapten Manchester United dan Inggris, gantung sepatu sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang masa untuk United dan negaranya. Dia juga pencetak gol terbanyak kedua dalam sejarah Liga Primer Inggris dengan 208 gol. Ia hanya kalah dari Alan Shearer yang mengoleksi 260 gol.

Alex Ferguson, yang memboyong Rooney ke MU, memuji Rooney sebagai pemain yang fantastis. "Dia adalah pencetak gol terbanyak Inggris, dia adalah pencetak gol terbanyak Manchester United dan dia memiliki karier yang fantastis sebagai pemain,'' ujar Ferguson.

Klasemen Premier League Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement