Rabu 20 Jan 2021 05:20 WIB

Muslim India Segera Mulai Pembangunan Masjid Ayodhya

Pembangunan masjid di Ayodhya merupakan pengganti Masjid Babri.

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Ani Nursalikah
Muslim India Segera Mulai Pembangunan Masjid Ayodhya. Ini Penampakan Desain Masjid Ayodhya di India
Foto: Desain Masjid Ayodhya baru
Muslim India Segera Mulai Pembangunan Masjid Ayodhya. Ini Penampakan Desain Masjid Ayodhya di India

REPUBLIKA.CO.ID, NEW DELHI -- Komunitas Muslim di India akan memulai pembangunan masjid di Kota Ayodhya di India utara, Selasa (26/1). Pembangunan ini bertepatan dengan perayaan Hari Republik India. 

Dilansir dari Aljazirah, Senin (18/1), proyek ini merupakan bagian dari penyelesaian kasus pembongkaran Masjid Babri oleh gerombolan Hindu pada tahun 1992. Peristiwa ini menjadi preseden kekerasan agama terburuk yang pernah terjadi di India, menewaskan lebih dari 2.000 orang, dan persoalan hukum yang berlarut-larut di berbagai tempat.

Baca Juga

Kelompok sayap kanan, termasuk Partai Bharatiya Janata (BJP) yang berkuasa, mengklaim Kaisar Mughal Babur membangun masjid di tempat yang tepat di mana dewa Hindu Dewa Ram lahir pada abad ke-16. 

Pada November 2019, Mahkamah Agung India menyerahkan situs tersebut kepada komunitas Hindu untuk pembangunan kuil Ram. Sementara Badan Wakaf Pusat Sunni yang dikendalikan pemerintah diberi situs alternatif sejauh 25 Km dari lokasi sebelumnya untuk membangun masjid.

Selanjutnya, pengurus mengumumkan pembentukan amanah Indo-Islamic Cultural Foundation (IICF) untuk melaksanakan pembangunan masjid. IICF mengatakan pembangunan masjid akan secara resmi dimulai pada 26 Januari, Hari Republik India, yang menandai hari berlakunya konstitusi India pada tahun 1950.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement