Kamis 21 Jan 2021 04:00 WIB

Ini Makanan Pertama yang akan Disantap Penghuni Surga 

Terdapat makanan pertama yang akan dikonsumsi penghuni surga

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Nashih Nashrullah
Terdapat makanan pertama yang akan dikonsumsi penghuni surga. Ilustrasi Surga
Foto: Pixabay
Terdapat makanan pertama yang akan dikonsumsi penghuni surga. Ilustrasi Surga

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Kalau Anda masuk surga, maka ada makanan yang pertama kali disiapkan untuk Anda. Apa itu? Dan apakah makanan tersebut pernah dimakan ketika masih di dunia?

Dalam kitab Fath al-Baari, penjelasan Shahih Bukhari karya Ibnu Hajar Al-Asqalani, dijelaskan mengenai makanan tersebut. Disebutkan bahwa makanan pertama yang dikonsumsi orang-orang surga di antara Nabi SAW adalah hati ikan paus.

Baca Juga

أن عبدالله بن سلام سأل النبي صلى الله عليه وسلم أول قدومه المدينة أسئلة منها:  ما أول شيء يأكله أهل الجنة؟ فقال: زيادة كبد الحوت 

Abdullah bin Salam bertanya kepada Nabi Muhammad SAW saat Nabi baru tiba di Madinah. Dia melontarkan pertanyaan yang jika Nabi Muhammad SAW menjawabnya maka dia akan masuk surga.

Dia menemui Nabi SAW untuk menanyakan kepadanya tentang tiga hal yang hanya seorang Nabi yang bisa tahu, dan di antaranya adalah makanan pertama yang disantap oleh orang-orang penghuni surga.

Abdullah bin Salam bertanya, "Apa yang pertama kali dimakan oleh penduduk surga?" Lalu Nabi SAW menjawab, "Hati ikan Paus, yang dimakan dari tepi surga."

Sebagaimana dilansir dari Mawdoo, yang dimaksud dari hati ikan Paus itu adalah satu potong yang tergantung di hati ikan dan ini adalah makanan terbaik bagi penghuni surga.

Lebih lanjut, Ibnu Hajar Al-Asqalani juga menjelaskan tentang adanya tujuan di balik maksud mengapa hati ikan Paus yang menjadi santapan pertama penghuni Surga. Tujuannya yaitu untuk menunjukkan betapa lelahnya kehidupan di dunia dan berakhirnya dunia yang fana ini.

Sumber: https://mawdoo3.com/%D8%A3%D9%88%D9%84_%D8%B7%D8%B9%D8%A7%D9%85_%D8%A3%D9%87%D9%84_%D8%A7%D9%84%D8%AC%D9%86%D8%A9#cite_note-yJnnKGqoJM-1

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement