Jumat 22 Jan 2021 00:35 WIB

Mata Perih dan Gatal Pertanda Kena Covid-19?

Sensitivitas terhadap cahaya juga disebut sebagai gejala pada pasien Covid-19.

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Reiny Dwinanda
Belum lama ini muncul laporan bahwa mata merah juga menjadi gejala Covid-19.
Foto: Pxfuel
Belum lama ini muncul laporan bahwa mata merah juga menjadi gejala Covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Sebuah penelitian belum lama ini menemukan mata perih dan gatal adalah salah satu gejala mata yang paling signifikan pada pasien Covid-19. Temuan yang dipublikasikan dalam BMJ Open Ophthalmology itu juga menemukan sensitivitas cahaya, yang secara medis dikenal sebagai fotofobia, adalah gejala lainnya.

Peneliti dari Anglia Ruskin University, Inggris mempelajari data dari 83 pasien Covid-19. Mereka menemukan gejala yang paling banyak dilaporkan adalah batuk kering (66 persen), demam (76 persen), kelelahan (90 persen), dan hilangnya penciuman/rasa (70 persen). Begitu melihat lebih detail pada gejala terkait mata, mereka menemukan 18 persen menderita fotofobia, 17 persen memiliki mata gatal, dan 16 persen mengalami sakit mata.

Baca Juga

Para peneliti menemukan bahwa frekuensi sakit mata secara signifikan lebih tinggi saat mengalami gejala utama Covid-19 daripada sebelumnya. Akan tetapi, 81 persen dilaporkan telah mengalami gejala mata dalam dua pekan setelah gejala Covid-19 lainnya.

Empat dari lima pasien mengatakan, masalah terkait mata berlangsung kurang dari dua pekan. Tidak ada perbedaan antara pria dan wanita. Tim di Cambridge ingin mengetahui lebih lanjut tentang gejala yang tidak biasa dari apa yang dipahami sebagai virus pernapasan tersebut.

Studi itu dipimpin oleh Profesor Shahina Pardhan, Direktur Unit Penelitian Penglihatan dan Mata di Fakultas Kedokteran Anglia Ruskin University. Ia mengatakan, pihaknya memutuskan melakukan penelitian karena hingga saat ini belum ada penelitian yang melihat gejala mata mana yang paling sering dialami oleh penderita Covid-19.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement