Ahad 24 Jan 2021 08:46 WIB

Anda Tim Bubuk Atau Biji Kopi?

Kopi bubuk dinilai lebih cepat apek ketimbang biji sangrai saat disimpan. Benarkah?

Red: Yudha Manggala P Putra
Bubuk dan biji kopi. Ilustrasi
Bubuk dan biji kopi. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setiap orang memiliki pilihan soal bagaimana menyeduh kopi. Dimulai dari bagaimana mereka membeli kopi sebelum diseduh. Dalam bentuk bubuk atau biji kopi sangrai (roasted bean)? 

Bagi penggemar kopi spesialti, membeli biji sangrai selalu pilihan pertama. Biji hanya baru digiling menjadi bubuk ketika akan diseduh. Seduhan kopi pakai bubuk yang baru digiling dinilai lebih segar dan nikmat. Benarkah?

Baca Juga

Sebelum menjawab, baiknya kita mengetahui beberapa hal berikut:

Kenapa Kopi Harus Digiling Jadi Bubuk?

Salah satu tujuan kopi digiling menjadi bubuk untuk memudahkan senyawa dalam kopi larut bersama air. Anda bisa saja menyeduh biji kopi utuh dengan air panas, namun butuh waktu lama sekali untuk larut.

Rasa yang dihasilkan pun tidak senikmat menyeduhnya dalam bentuk bubuk. Karena dengan menggiling kopi, artinya makin banyak area biji kopi yang terekspos dan berinteraksi dengan air panas.

Hanya saja, ketika kopi dalam bentuk bubuk, banyak unsurnya mudah terpapar udara. Itu dapat menyebabkan kandungan gas, yang mempengaruhi rasa dan aroma dalam kopi, mudah menguap.

Kopi dalam bentuk bubuk juga rentan lembap. Ini membuat kandungan minyak dalam kopi menurun.

Kopi yang kehilangan gas dan minyaknya dinilai tidak lagi nikmat ketika diseduh. Bila dibiarkan terpapar udara terlalu lama, rasa dan aromanya cenderung apek.

Faktor itulah penyebab banyak penggemar kopi spesialti memilih membeli kopi dalam bentuk biji.

Bukan berarti biji kopi juga tidak bisa apek. Sebab, tergantung pula pada penyimpanannya. Kesegaran kopi dalam bentuk biji sangrai disebut bisa bertahan hingga 3 bulan jika disimpan dengan baik. (Baca: Cara Simpan Biji Kopi Sangrai yang Benar)

Bisakah Bubuk Kopi Dijaga Kesegarannya?

Bagi Anda yang belum memiliki alat penggiling kopi (grinder) sendiri di rumah mungkin tidak punya pilihan selain membeli kopi bubuk. Kesegaran kopi bubuk sebenarnya bisa disiasati dengan beberapa hal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement