Senin 25 Jan 2021 11:46 WIB

Tiga Sebab Kehancuran, Salah Satunya Banyak Tidur

Ulama asal Banten, Syekh Nawawi Al-Bantani telah menjelaskan hal ini.

Rep: Muhyiddin/ Red: Ani Nursalikah
Tiga Sebab Kehancuran, Salah Satunya Banyak Tidur
Foto: www.freepik.com
Tiga Sebab Kehancuran, Salah Satunya Banyak Tidur

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ada beberapa hal yang menjadi salah satu penyebab hancurnya umat manusia pada zaman dulu. Ulama asal Banten, Syekh Nawawi Al-Bantani telah menjelaskan hal ini dalam kitabnya yang berjudul Nasha’hul ‘Ibad.

Syekh Nawawi al-Bantani adalah seorang ulama nusantara bertaraf internasional. Dia lahir di Tanara, Serang, Banten pada 1230 H/1813 M dan meninggal dunia di Makkah pada 1314 H/1897 M. Makamnya terletak satu kompleks dengan istri Nabi Muhammad SAW, Siti Khadijah.

Baca Juga

Dalam kitabnya tersebut, Syekh Nawawi mengungkapkan perkataan dari Abu Imran Ibrahim bin Yazid bin Qais an Nakha’iy al Kufy atau yang lebih dikenal dengan Ibrahim an Nakha’iy. Ia merupakan seorang ulama fiqh di Kufah dan seorang Tabi’in yang mulia.

Menurut Syekh Nawawi Al-Bantani, Ibrahim al-Nakha’iy berkata:

إنما هلك من هلك قبلكم بثلاث خصال: بفضول الكلام, وفضول الطعام, وفضول المنام.

"Innamaa halaka man halaka qablakum bitsalaatsi khishaalin: bifudhuuli kalaami, wafudhuulit tha’ami, wafudhuulil manami."

Artinya: “Penyebab rusaknya orang-orang sebelum kalian ada tiga hal, yaitu karena terlalu banyak bicara, terlalu banyak makan, dan terlalu banyak tidur.”

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement