Rabu 27 Jan 2021 15:40 WIB

Pembangunan Masjid Pengganti Babri di India Dimulai

Di komplek masjid juga akan dibangun rumah sakit dan pusat penelitian.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Pembangunan Masjid Pengganti Babri di India Dimulai. Ini Penampakan Desain Masjid Ayodhya di India
Foto: Desain Masjid Ayodhya baru
Pembangunan Masjid Pengganti Babri di India Dimulai. Ini Penampakan Desain Masjid Ayodhya di India

REPUBLIKA.CO.ID, NEW DELHI -- Upacara peletakan batu pertama pembangunan pengganti Masjid Babri telah dilakukan di negara bagian Ayodhya, India utara, pada Selasa (26/1). Upacara dilakukan dengan pengibaran bendera dan kegiatan penanaman pohon untuk menandai dimulainya pembangunan secara resmi.

Indo-Islamic Cultural Foundation Trust akan mengawasi proyek yang telah menarik emosi campur aduk di antara Muslim India. Perselisihan selama beberapa dekade terjadi setelah Masjid Babri abad ke-16 di negara bagian Uttar Pradesh dirobohkan oleh kelompok garis keras Hindu pada 1992.

Baca Juga

Kelompok tersebut mengklaim situs tersebut adalah tempat kelahiran salah satu dewa Ram. Pada November 2019, Pengadilan Tinggi India memutuskan memenangkan kelompok Hindu untuk membagun sebuah kuil di situs tersebut. Serta mengganti pembangunan masjid yang dirobohkan di atas sebidang tanah terpisah untuk pembangunan kembali masjid sebagai pengganti Masjid Babri.

"Proses pembangunan secara resmi dimulai hari ini di Hari Republik. Pengujian tanah juga dilakukan di lokasi tersebut. Sementara proyek telah secara resmi dimulai, konstruksi penuh akan dimulai setelah trust menerima semua izin yang diperlukan," kata Sekretaris perwalian, Athar Hussain dilansir dari Anadolu Agency, Rabu (27/1).

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement