Kamis 28 Jan 2021 14:34 WIB

Wisatawan Selandia Baru Hadapi Banyak Peraturan untuk Pulang

Wisatawan Selandia Baru akan hadapi lebih banyak aturan karantina di hotel

Rep: Lintar Satria/ Red: Christiyaningsih
 Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern.
Foto: AP/Mark Mitchell/NZ Herald
Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern.

REPUBLIKA.CO.ID, WELLINGTON -- Wisatawan Selandia Baru yang pulang akan menghadapi lebih banyak peraturan karantina di hotel. Pihak berwenang sedang menyelidiki bagaimana tiga orang yang sedang karantina mandiri di Pullman Hotel di Auckland dapat terinfeksi virus corona.

Tiga orang itu sudah dibebaskan sebelum dinyatakan positif dan berpotensi menularkan virus ke orang. Akan tetapi sejauh ini belum ada bukti penyebaran virus di masyarakat. Selandia Baru berhasil memutus rantai penularan di dalam negeri.

Baca Juga

Pada Kamis (28/1) Menteri Penanggulangan Covid-19 Chris Hipkins mengatakan sebagai langkah sementara, wisatawan yang baru pulang harus tinggal di kamar mereka di hari terakhir dalam karantina mandiri selama 14 hari. Peraturan yang mengizinkan mereka keluar kamar diperketat.

Pihak berwenang Selandia Baru yakin tiga orang yang terinfeksi di hotel terinfeksi dari wisatawan yang baru pulang. Mereka terinfeksi virus corona varian baru dari Afrika Selatan.

Sementara itu jumlah kasus baru di China mengalami sedikit penurunan meski klaster-klaster virus di timur laut negara itu tetap bertahan. Tim Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang menyelidiki asal muasal virus corona mulai menggelar penyelidikan mereka. Komisi Nasional China mengumumkan 41 kasus positif di dalam negeri turun dari hari sebelumnya yang sebanyak 55 kasus positif.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَاِذَا طَلَّقْتُمُ النِّسَاۤءَ فَبَلَغْنَ اَجَلَهُنَّ فَاَمْسِكُوْهُنَّ بِمَعْرُوْفٍ اَوْ سَرِّحُوْهُنَّ بِمَعْرُوْفٍۗ وَلَا تُمْسِكُوْهُنَّ ضِرَارًا لِّتَعْتَدُوْا ۚ وَمَنْ يَّفْعَلْ ذٰلِكَ فَقَدْ ظَلَمَ نَفْسَهٗ ۗ وَلَا تَتَّخِذُوْٓا اٰيٰتِ اللّٰهِ هُزُوًا وَّاذْكُرُوْا نِعْمَتَ اللّٰهِ عَلَيْكُمْ وَمَآ اَنْزَلَ عَلَيْكُمْ مِّنَ الْكِتٰبِ وَالْحِكْمَةِ يَعِظُكُمْ بِهٖ ۗوَاتَّقُوا اللّٰهَ وَاعْلَمُوْٓا اَنَّ اللّٰهَ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيْمٌ ࣖ
Dan apabila kamu menceraikan istri-istri (kamu), lalu sampai (akhir) idahnya, maka tahanlah mereka dengan cara yang baik, atau ceraikanlah mereka dengan cara yang baik (pula). Dan janganlah kamu tahan mereka dengan maksud jahat untuk menzalimi mereka. Barangsiapa melakukan demikian, maka dia telah menzalimi dirinya sendiri. Dan janganlah kamu jadikan ayat-ayat Allah sebagai bahan ejekan. Ingatlah nikmat Allah kepada kamu, dan apa yang telah diturunkan Allah kepada kamu yaitu Kitab (Al-Qur'an) dan Hikmah (Sunnah), untuk memberi pengajaran kepadamu. Dan bertakwalah kepada Allah dan ketahuilah bahwa Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.

(QS. Al-Baqarah ayat 231)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement