Kamis 28 Jan 2021 15:38 WIB

Mobile Banking Muamalat Kini Bisa Transaksi QRIS

QR Code Muamalat DIN mendukung program transaksi nontunai menggunakan QRIS.

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Fuji Pratiwi
Gedung Bank Muamalat. PT Bank Muamalat Indonesia Tbk. resmi meluncurkan fitur Quick Response (QR) Code atau kode respon cepat pada aplikasi mobile banking Muamalat DIN, Kamis (28/1).
Foto: Republika/Prayogi
Gedung Bank Muamalat. PT Bank Muamalat Indonesia Tbk. resmi meluncurkan fitur Quick Response (QR) Code atau kode respon cepat pada aplikasi mobile banking Muamalat DIN, Kamis (28/1).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Bank Muamalat Indonesia Tbk. resmi meluncurkan fitur Quick Response (QR) Code atau kode respon cepat pada aplikasi mobile banking Muamalat DIN, Kamis (28/1). Peluncuran fitur QR Code Muamalat DIN merupakan bentuk adaptasi Bank Muamalat terhadap era digital.

Direktur Utama Bank Muamalat Achmad K Permana mengatakan, transformasi digital merupakan salah satu pilar strategi bisnis Bank Muamalat pada 2021. "Peluncuran QR Code Muamalat DIN juga dukungan terhadap kebijakan regulator untuk mengoptimalkan transaksi nontunai," kata Permana.

Baca Juga

Bank Indonesia (BI) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) senantiasa mendorong industri perbankan untuk memaksimalkan penggunaan transaksi nontunai. Oleh karena itu, Bank Muamalat turut mengadopsi kemudahan bertransaksi dengan QRIS di Muamalat DIN dalam rangka mendukung program regulator tersebut.

Hal ini sekaligus mewujudkan keinginan para nasabah yang memang sudah sangat menanti fitur ini. Selain itu, Permana menambahkan, peluncuran fitur kode QR ini dilakukan di tengah masa pandemi Covid-19. 

Menurutnya, hal ini merupakan momentum yang tepat mengingat adanya anjuran pemerintah dalam meminimalisasi kontak fisik secara langsung sebagaimana diatur dalam protokol kesehatan.

"Pemanfaatan kode QR justru dapat meminimalisasi potensi penyebaran virus karena bersifat nirsentuh, sehingga dalam transaksi seperti berbelanja akan jauh lebih aman," kata Permana.

QR Code Muamalat DIN terhubung dengan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) yang merupakan standardisasi pembayaran menggunakan metode QR Code dari Bank Indonesia.

Direktur Bisnis Ritel Bank Muamalat Purnomo B Soetadi menambahkan, Bank Muamalat bekerja sama dengan PT Artajasa Pembayaran Elektronis (ATM Bersama) selaku lembaga switching.

Fitur QR Code Muamalat DIN saat ini sudah dapat digunakan untuk transaksi di berbagai toko yang menggunakan logo QRIS seperti toko ritel, SPBU hingga kotak amal. "Total jumlah mitra yang telah terintegrasi dengan QRIS saat ini sekitar lima juta unit," kata Purnomo.

Aplikasi Muamalat DIN sendiri dapat diunduh di Play Store bagi pengguna perangkat Android dan App Store bagi pengguna Apple. Untuk sistem operasi Android, versi minimal yang dapat menggunakan fitur QR Code Muamalat DIN adalah 6.0 atau Marshmellow, sedangkan untuk iOS adalah versi 12.0.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement