Sabtu 30 Jan 2021 04:02 WIB

Efektivitas Uji Coba Vaksin 89 Persen, Saham Novavax Meroket

Saham Novavax meningkat 34 persen setelah merilis hasi uji coba vaksin.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Friska Yolandha
Kantor pusat Novavax di Maryland, Amerika Serikat.
Foto: EPA
Kantor pusat Novavax di Maryland, Amerika Serikat.

REPUBLIKA.CO.ID, CHICAGO -- Perusahaan pengembangan vaksin asal Amerika, Novavax Inc, merilis bahwa efektivitas vaksin virus corona jenis baru 2019 (Covid-19) di Inggris tembus 89,3 persen. Kabar ini sekaligus mengerek peningkatan saham Novavax dalam pasar modal Amerika Serikat (AS).

Namun demikian efektivitas vaksin Novavax justru turun drastis di Afrika Selatan sebesar 60 persen saja. Dilansir di Reuters, Jumat (29/1), Novavax Inc mengumumkan bahwa efektivitas vaksin Covid-19 di Inggris hampir sama efektifnya dalam melindungi terhadap varian yang lebih menular yang pertama kali ditemukan di Inggris sebagaimana analisa awal.

Baca Juga

Uji coba tahap menengah vaksin di Afrika Selatan, menunjukkan efektivitas 60 persen di antara orang yang tidak memiliki human immunodeficiency virus (HIV). Atas kabar itu, saham Novavax melonjak 34 persen setelah jam perdagangan merilis hasil uji coba pada hari yang sama Amerika Serikat melaporkan kasus pertama varian corona di Afrika Selatan.

Diketahui bahwa Novavax sudah menimbun vaksin di enam lokasi manufaktur yang beroperasi, dan mengatakan pihaknya mengharapkan total delapan pabrik di tujuh negara untuk memproduksi dengan kecepatan dua miliar dosis per tahun, termasuk dari Serum Institute of India.

Perusahaan dalam panggilan konferensi mencatat bahwa ini adalah data sementara dan para eksekutif mengatakan mereka memperkirakan akan ada dua hingga tiga bulan sebelum mereka siap untuk mengajukan otorisasi dengan regulator.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement