Sabtu 30 Jan 2021 16:11 WIB

Kalahkan Wakil Korea, Ahsan/Hendra ke Final BWF Tour Finals

Hendra/Ahsan revans dengan mengalahkan Choi Sol-gyu/Seo Seung-jae di semifinal.

Red: Israr Itah
Mohammad Ahsan (kanan) dan Hendra Setiawan.
Foto: Antara
Mohammad Ahsan (kanan) dan Hendra Setiawan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan berhasil lolos ke partai puncak BWF World Tour Finals 2020. Hendra/Ahsan revans dengan mengalahkan Choi Sol-gyu/Seo Seung-jae (Korea Selatan) 23-21 dan 21-13 pada babak semifinal di Impact Arena, Bangkok, Sabtu (30/1). Sebagai juara bertahan, Hendra/Ahsan berpeluang mempertahankan gelar yang mereka raih pada edisi sebelumnya.

Terjadi persaingan cukup sengit di gim pertama. Wakil Negeri Ginseng itu sudah tertinggal empat point saat kedudukan 16-12, namun mereka berusaha mengejar dan menyamakan skor menjadi 18-18, 20-20, 21-21. Namun, gim pertama ini akhirnya dimenangkan Ahsan/Hendra dengan 23-21 dalam 17 menit.

Baca Juga

Di gim kedua, Ahsan/Hendra begitu percaya diri. Juara All England 2019 ini tidak memberikan kesempatan lawan untuk unggul. Mereka juga bermain lebih solid dan akhirnya merebut tiket ke partai puncak setelah menang 21-13.

"Syukur Alhamdulillah sudah menang hari ini dan masuk final. Selama pertandingan berusaha lebih tenang dan enjoy. Kalau mainnya lebih tenang, penempatan bolanya juga lebih enak," kata Ahsan dalam keterangan media dari PP PBSI.

Ahsan mengatakan, ia dan Hendra menjaga depan net sehingga lawan banyak mengangkat shuttlecock. Ini membuat Hendra/Ahsan lebih banyak menyerang. Mereka juga menguatkan defense supaya tidak mudah tembus lawan dari Kores itu.

"Saya belajar dari pertemuan sebelumnya, ada sedikit perubahan. Kami tadi bermain tidak selalu keras, meskipun main di depan, tapi kami rem sedikit. Jadi merekanya lebih sulit, karena di pertandingan sebelumnya kalau kita menekan terus di depan, mereka lebih senang," jelas Hendra.

"Gim kedua mereka juga mainnya tetap begitu, tidak ada perubahan. Jadi kami lebih enak mengatur. Mungkin Seung Jae sudah agak capek, tadi saya liat dia sudah agak berat. Apalagi dia bermain rangkap (ganda campuran)," Hendra menambahkan.

Keyakinan pada diri sendiri untuk memenangkan pertandingan pun sangat dibutuhkan. Sebab, Ahsan/Hendra kalah dalam dua laga terakhir melawan Sol Gyu/Seung Jae pada penyisihan grup B Kamis (28/1) dengan skor 19-21, 16-21 dan perempat final Yonex Thailand Terbuka, Jumat (15/1) lalu, dengan skor 16-21, 19-21.

 

Pada babak final, Ahsan/Hendra akan menghadapi Lee Yang/Wang Chi Lin (Chinese Taipei). Sebelumnya, mereka bertemu pada semifinal Toyota Thailand Terbuka, Sabtu (23/1) dengan skor 14-21, 22-20, 21-12 kemenangan untuk wakil Chinese Taipei tersebut. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement