Selasa 02 Feb 2021 06:25 WIB

Anemia Bisa Picu Sejumlah Persoalan Gizi

Anemia Defisiensi Zat Besi (ADB) membawa pengaruh jangka pendek dan jangka panjang.

Red: Yudha Manggala P Putra
Salah satu ciri anak anemia adalah lemas, letih, lesu, hingga terkesan seperti anak malas.
Foto: Pixabay
Salah satu ciri anak anemia adalah lemas, letih, lesu, hingga terkesan seperti anak malas.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anemia dapat memicu sejumlah persoalan gizi. Sebab itu Spesialis Gizi Klinik dari Indonesian Nutrition Association (INA) Dr dr Diana Sunardi MGizi SpGK mengingatkan tentang potensi risiko anemia.

“Seseorang dengan kondisi anemia defisiensi zat Besi (ADB) berisiko melahirkan bayi berat badan rendah (BBLR), stunting, komplikasi saat melahirkan, dan risiko lainnya. Padahal kondisi ADB sendiri dapat terjadi lintas generasi dan dapat diturunkan sejak remaja, ibu hamil,anak dan seterusnya,” ujar Diana dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Senin (1/2).

Pada kasus balita dan anak, ADB bermula dari kurangnya zat gizi mikro pada 1.000 hari pertama kehidupan. Dampaknya berpengaruh pada tumbuh kembang anak yang terganggu, penurunan aktivitas fisik maupun kreativitas, serta menurunnya daya tahan tubuh sehingga meningkatkan risiko infeksi.

Sedangkan pada kasus remaja, ADB dapat menurunkan produktivitas dan kemampuan akademis. Kondisi ADB pada kehamilan usia remaja juga rentan terhadap keselamatan dan kesehatan ibu dan bayi.

“Karena itu, urgensi perbaikan gizi masyarakat sebaiknya difokuskan pada 1.000 hari pertama kehidupan dan usia remaja,” kata Diana.

Ia menjelaskan, kondisi ADB membawa pengaruh jangka pendek dan jangka panjang bagi tiap-tiap generasi. Jika ditarik benang merah, kondisi itu merupakan ancaman besar mengingat dampaknya terhadap penurunan kualitas sumber daya manusia pada masa depan.

Di sisi lain, negara dituntut untuk dapat menciptakan generasi dengan daya saing global, sehingga terdapat urgensi untuk memutus mata rantai anemialintas generasi.

“Intervensi melalui pemenuhan nutrisi dan edukasi secara menyeluruh merupakan upaya yang dapat dilakukan dalam memutus mata rantai anemia baik di lingkup individu, keluarga, kelompok, maupun masyarakat. Pada anak di atas satu tahun, pencegahan anemia dapat dilakukan dengan memberikan gizi seimbang termasuk pangan makanan dan minuman yang mengandung zat besi maupun mikronutrien lain yang mendukung penyerapan zat besi seperti vitamin C,” jelas dia.

Sedangkan pada remaja dapat dilakukan melalui penanaman pola hidup sehat, yaitu mengonsumsi makanan yang bersih, sehat, dan bergizi seimbang. Selain itu juga dapat diberikan suplementasi tablet tambah darah. Tablet tambah darah adalah suplemen gizi dengan kandungan zat besi setara dengan 60 mg besi elemental dan 400 mcg asam folat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement