Selasa 02 Feb 2021 18:14 WIB

Kolaborasi UAD-Mahasiswa Asing Kenalkan Budaya Indonesia

Mahasiswa asing menampilkan budaya Indonesia melalui pertukaran budaya.

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Yusuf Assidiq
Kampus UAD
Foto: Dokumen
Kampus UAD

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta berkolaborasi dengan mahasiswa asing untuk menggelar kegiatan A Virtual Experience : Indonesian Cultural Performance Presented by World.

Dalam kegiatan ini, mahasiswa asing menampilkan budaya Indonesia melalui pertukaran budaya. Kegiatan dilakukan secara virtual selama dua bulan sejak Januari 2021.

"Kegiatan dilakukan murni secara virtual dan penampilan ini gabungan dari mahasiswa Indonesia dan mahasiswa asing. Artinya, budaya Indonesia juga bisa ditampilkan oleh mahasiswa asing," kata Ketua Pelaksana A Virtual Experience : Indonesian Cultural Performance Presented by World, Habibin Hadi Saputra.

Setidaknya, ada 28 mahasiswa asing yang berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Mereka berasal dari berbagai negara seperti Turki, Malaysia, Amerika Serikat, Afrika, hingga Thailand.

"Sebanyak 180 mahasiswa Ilmu Komunikasi UAD yang berpartisipasi. Pada kegiatan ini, terlihat jelas bahwa mereka (mahasiswa asing) tidak canggung dengan budaya lokal khas Indonesia," ujarnya.

Sebelum menggelar kegiatan ini, pihaknya membutuhkan waktu satu bulan untuk melakukan persiapan. Melalui kegiatan tersebut, ia berharap kebudayaan Indonesia menjadi lebih diketahui secara luas di berbagai belahan dunia.

"Semoga acara selanjutnya semakin banyak mahasiswa asing yang ikut berpartisipasi dan dapat memberikan peluang kerja sama internasional, serta persahabatan mahasiswa antarnegara," jelasnya.

Dosen Pengampu Prodi Ilmu Komunikasi UAD, Nunik Hariyanti mengatakan, mahasiswa angkatan 2017 juga digelar acara yang sama pada 2020 lalu. Namun, tidak melibatkan mahasiswa asing secara langsung.

Namun, di 2021 ini dapat digelar acara yang sama dengan melibatkan mahasiswa asing. Nunik mengatakan, kegiatan di 2021 ini digelar oleh mahasiswa angkatan 2018.

"Mereka diajari terkait budaya yang ada di Indonesia, seperti tari, menyanyi, atau hal-hal lain yang berhubungan dengan kebudayaan Indonesia," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement