Jumat 05 Feb 2021 01:16 WIB

Di Hari Kanker, YKI dan MRCCC Siloam Gelar Hair to Share

6 donatur rambut hadir di MRCCC Siloam Hospitals untuk berbagi ke pasien kanker

Red: Ichsan Emrald Alamsyah
 Dalam rangka Hari Kanker Sedunia 2021, Yayasan Kanker Indonesia dan MRCCC Siloam Hospital menggelar kegiatan Hair-to-Share, yang merupakan kegiatan mendonasikan rambut bagi pasien kanker.
Foto: Siloam
Dalam rangka Hari Kanker Sedunia 2021, Yayasan Kanker Indonesia dan MRCCC Siloam Hospital menggelar kegiatan Hair-to-Share, yang merupakan kegiatan mendonasikan rambut bagi pasien kanker.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam rangka Hari Kanker Sedunia 2021, Yayasan Kanker Indonesia dan MRCCC Siloam Hospital menggelar kegiatan Hair-to-Share, yang merupakan kegiatan mendonasikan rambut bagi pasien kanker. 

Hari Kanker Sedunia 2020 yang jatuh pada tanggal 4 Februari 2021 mengangkat tema I am I will, dimana setiap individu dapat mengambil peran terhadap kanker. Sebanyak 6 donatur rambut hadir di MRCCC Siloam Hospitals dalam semangat “saya memiliki rambut panjang, saya akan membantu pasien kanker” secara langsung untuk mendonasikan rambutnya pada kegiatan Hair-to-Share. 

Adapun ketentuan rambut yang didonasikan harus diikat, bersih, sehat, memiliki warna alami dengan panjang minimal 25cm, yang kemudian dibuatkan wig untuk diberikan kepada pasien kanker yang membutuhkan. Ketua Umum Yayasan Kanker Indonesia, Prof. Dr. dr. Aru W. Sudoyo, SpPD, KHOM, FINASIM, FACP mengatakan, YKI mengapresiasi partisipasi masyarakat yang telah mengambil peran nyata dalam penanggulangan kanker. Khususnya melalui program donasi Hair-to-Share YKI bersama MRCCC Siloam Hospitals, ditengah-tengah situasi pandemi Covid-19. 

"Semoga kepedulian ini dibarengi dengan upaya pencegahan kanker termasuk menerapkan pola hidup sehat, berolah raga secara teratur dan melakukan deteksi dini kanker," ucap dia. 

Sementara itu, dr. Susilawati ArifinBolang, M.H.A.,CEO Regional 1 mengatakan, MRCCC Siloam Hospitals Semanggi sebagai rumahsakit yang memiliki fasilitas kanker yang lengkap, mendukung penanggulangan kanker baik secara suportif maupun kuratif.  

"Program Hair-to-Share bersama YKI ini merupakan salah satu wadah suportif bagi partisipasi masyarakat yang ingin menunjukkan kepedulian terhadap pasien kanker dan rasa empati terhadap sesama.”

Pada acara tersebut, dr. Adityawati Ganggaiswari M.Biomed selaku Direktur MRCCC, dan Ibu Yolan Gunawan selaku COO MRCCC secara simbolis masing-masing memotong rambut seorang donatur, dan memberikan donasi rambut yang telah dirangkai menjadi wig kepada pasien kanker MRCCC Siloam Hospital yang membutuhkan. 

“Kami sangat senang bahwa kegiatan ini telah menginspirasi kepedulian masyarakat khususnya generasi milenial terhadap kanker, dimana dukungan lingkungan terhadap pasien kanker merupakan salah satu kunci caregiving dalam meningkatkan kualitas hidup pasien,” tambah Prof. Aru.

Oleh karena tingginya animo masyarakat dalam berpartisipasi, MRCCC Siloam Hospitals Semanggi membuka dropbox di Lobby MRCCC Siloam Hospitals Semanggi untuk para donatur rambut yang masih ingin menyumbangkan rambutnya sesuai dengan kriteria yang ditentukan. Untuk membuat satu buah wig, rata-rata dibutuhkan lima sampai dengan enam ikat rambut, bergantung pada ketebalan rambut yang didonasikan. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement