Jumat 05 Feb 2021 16:08 WIB

Langgar Prokes, Pelaku Usaha Disanksi Baca Pancasila

Upaya itu menjadi cara mendisiplinkan masyarakat agar mematuhi prokes.

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Yusuf Assidiq
Sejumlah personel Satuan Polisi Pamong Praja menegur dan mendata pedagang yang kedapatan mengabaikan protokol kesehatan.
Foto: Antara/Asep Fathulrahman
Sejumlah personel Satuan Polisi Pamong Praja menegur dan mendata pedagang yang kedapatan mengabaikan protokol kesehatan.

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Satpol PP Kabupaten Sleman, DIY, terus melaksanakan giat patroli sepanjang pelaksanaan Pengetatan Terbatas Kegiatan Masyarakat (PTKM). Tempat makan menjadi salah satu lokasi yang paling banyak ditemukan pelanggaran protokol kesehatan.

Giat ini memang menyasar sejumlah pelaku usaha perorangan. Plt Kepala Satpol PP Kabupaten Sleman, Susmiarto mengatakan, upaya itu menjadi cara mendisiplinkan masyarakat agar mematuhi prokes sesuai Instruksi Bupati Sleman 03/INSTR/2021 tentang PTKM.

"Kegiatan juga bertujuan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat agar bisa membiasakan diri untuk selalu menerapkan kebiasaan baru demi mencegah penyebaran Covid-19, khususnya di Kabupaten Sleman," kata Susmiarto, Jumat (5/2).

Ia mengungkapkan, dari giat kali ini masih ditemukan beberapa pelaku usaha maupun pembeli yang kedapatan belum terapkan prokes sebagai pencegahan dan pengendalian Covid-19. Sebagian besar ditemukan di tempat-tempat makan atau minuman ringan.

"Masih ditemukan pelanggan yang makan di tempat melebihi pukul 20.00 WIB, belum menerapkan jaga jarak," ujarnya.

Sanksi yang diberikan kategori Bela Negara yaitu berupa membaca Pancasila. Lalu, diberikan peringatan tertulis untuk tidak menerima makan di tempat melebihi 20.00 WIB, mematuhi Instruksi Bupati 03/INSTR/2021, dan ada satu tempat usaha ditutup.

Susmiarto menambahkan, sejauh ini inspeksi yang dilakukan berjalan dengan aman, tertib, dan lancar. Ia berharap, masyarakat semakin sadar tentang penerapan protokol kesehatan di tempat-tempat umum agar tidak ada lagi sanksi seperti ini.

"Saya berterima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu terlaksananya kegiatan ini," kata Susmiarto, menegaskan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement