Kamis 11 Feb 2021 01:33 WIB

Beragam Olahraga yang Tingkatkan Kesehatan Jantung Anda

Ahli menyebut olahraga apa saja minimal 30 menit akan tingkatkan kesehatan jantung

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Perempuan olahraga lari (Ilustrasi). Ahli menyebut olahraga apa saja minimal 30 menit akan tingkatkan kesehatan jantung
Foto: Flickr
Perempuan olahraga lari (Ilustrasi). Ahli menyebut olahraga apa saja minimal 30 menit akan tingkatkan kesehatan jantung

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Menjaga kesehatan jantung sangat penting terutama bagi wanita. Berdasarkan data dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), penyebab utama kematian wanita di Amerika Serikat adalah penyakit jantung. Satu dari tiga kematian terjadi karena penyakit kardiovaskular setiap tahun.

Di tengah pandemi, beberapa aktivitas olahraga bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya serangan jantung. Selain menjaga kesehatan jantung, berolahraga juga dapat mengelola tekanan darah tinggi dan kolesterol, mengurangi risiko kolesterol tinggi, mengurangi stres, dan mengelola berat badan.

Sebenarnya aktivitas fisik apa pun yang membuat Anda bergerak setidaknya selama 30 menit akan memberikan manfaat kesehatan jantung. Ahli Jantung di Manhattan Cardiology, Amnon Beniaminovitz mengatakan latihan aerobik bisa menjadi pilihan tepat termasuk berjalan, jogging, berenang atau bersepeda.

“Salah satu perubahan positif paling sederhana yang dapat Anda lakukan secara efektif untuk meningkatkan kesehatan jantung dengan mulai berjalan,” kata Beniaminovitz kepada SheKnows, dilansir MSN, Selasa (9/2).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement