Ahad 14 Feb 2021 08:50 WIB

Raih Golden Ticket SNMPTN Unair 2021, Ini Syaratnya

Raih Golden Ticket SNMPTN Unair 2021, Ini Syaratnya

Rep: jatimnow.com/ Red: jatimnow.com
Raih Golden Ticket SNMPTN Unair 2021, Ini Syaratnya
Raih Golden Ticket SNMPTN Unair 2021, Ini Syaratnya

jatimnow.com - Universitas Airlangga (Unair) memberikan kesempatan kepada putra putri terbaik Indonesia yang memiliki sejumlah prestasi untuk mendapatkan golden ticket masuk melalui jalur SNMPTN Tahun 2021.

Jalur golden ticket tersebut diperuntukkan bagi siswa yang pernah meraih juara lomba atau olimpiade internasional yang diselenggarakan institusi terkemuka, ketua OSIS sekolah terkemuka dan hafidh atau hafidhah 30 juz atau kitab suci agama dari sekolah umum dengan akreditasi A.

Baca Juga

"Kawan-kawan para pemimpin siswa atau ketua umum OSIS pada sekolah terkemuka, kami yakin mereka punya kapasitas kepemimpinan yang mumpuni, kami berikan kesempatan untuk mendapatkan golden ticket dari jalur SNMPTN," ujar Rektor Unair Prof, Moch Nasih saat pembukaan pameran pendidikan Airlangga Education Expo (AEE), Sabtu (13/2/2021).

Kuota golden ticket Tahun 2021 ini tergantung pada komposisi pendaftar. Pendaftaran dimulai pada 16-25 Februari 2021 melalui website ppmb.unair.ac.id.

"Dokumen para pendaftar akan kita pelajari dulu. Nanti juga akan kita umumkan secara terbuka nama-nama yang terpilih untuk dapat golden ticket saat penutupan AEE," terang Prof Nasih.

"Golden tiket bukan berarti semua pendaftar akan diterima. Tahun lalu ada 14 orang. Tahun ini bisa nambah bisa kurang," tambahnya.

Nasih juga menyampaikan bahwa daya tampung Unair tahun ini sedikit naik dari tahun sebelumnya, yakni sejumlah 6.300 mahasiswa baru. Sehingga para siswa yang akan mendaftar melalui jalur golden ticket SNMPTN diimbau untuk dapat memilih jurusan di Unair yang sangat beragam itu.

"Jadi tidak terbatas pada jurusan favorit seperti Fakultas Kedokteran dan Fakultas Kedokteran Gigi yang menyediakan kuota tak begitu banyak," paparnya.

Sementara itu, untuk siswa yang mendaftar menggunakan Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K), para siswa yang sudah mendaftar KIP-K dan mendapat nomor registrasi, dapat digunakan untuk mendaftar SNMPTN, SBMPTN maupun Mandiri.

"Tahun 2021 ini, kuota KIP-K UNAIR mencapai 1000 lebih kuota. Saat ini secara nasional terdapat 837 ribu siswa yang eligible untuk mengikuti pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN)," jelasnya.

"Sementara daya tampung nasional hanya sejumlah 100 ribu-an. Artinya, ada sejumlah 700 ribu-an siswa yang tidak dapat mengikuti proses seleksi SNMPTN," imbuhnya.

Di samping proses seleksi itu, seperti tahun-tahun sebelumnya, Unair memiliki tiga jalur masuk, yaitu jalur SNMPTN, SBMPTN dan Mandiri.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement