Ahad 14 Feb 2021 11:46 WIB

The Album BLACKPINK Jadi Album Musisi Wanita Terlaris di AS

BLACKPINK disebut sebagai 'Ratu K-Pop' karena kesuksesan yang tak terbantahkan.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Nora Azizah
BLACKPINK disebut sebagai 'Ratu K-Pop' karena kesuksesan yang tak terbantahkan.
Foto: Wikimedia
BLACKPINK disebut sebagai 'Ratu K-Pop' karena kesuksesan yang tak terbantahkan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- BLACKPINK terus membuat gelombang besar di media sosial dan berbagai situs streaming musik. Jennie, Lisa, Jisoo, dan Rosé disebut sebagai 'Ratu K-Pop' karena kesuksesan mereka yang tak terbantahkan.

Melansir kpopstarz, Ahad (14/2), terungkap bahwa ‘The Album’ oleh BLACKPINK adalah album wanita terlaris di Amerika Serikat pekan lalu. Sebagian besar, penggemar bisa mengingat EP debut mereka itu di No. 1 Billboard 200 Chart pada 11 Oktober 2020.

Baca Juga

Lalu debut di No. 2 Gaon Monthly Album Chart dengan lebih dari 1 juta kopi terjual, menjadikannya album terlaris oleh grup wanita dalam sejarah Gaon. Pada saat yang sama, album tersebut terjual lebih dari 110 ribu unit, yang mencakup 2.000 penjualan setara lagu, 81 ribu penjualan album murni, dan 26 ribu penjualan setara streaming. Itu bahkan dinyatakan sebagai album Korea wanita dengan charting tertinggi.

‘The Album’ juga menerima nominasi untuk beberapa badan pemberi penghargaan paling bergengsi di Asia. EP terbarunya dinominasikan untuk Album of the Year di 2021 Golden Disc Awards, 2020 Mnet Asian Music Awards, dan 2020 Melon Music Awards.

Single dari album itu yang berjudul "How You Like That" bahkan memenangkan Best Female Dance Award di 2020 Mnet Asian Music Awards dan 2020 Melon Music Awards. ‘The Album’ oleh BLACKPINK memenangkan Album Bonsang Terbaik di Golden Disc Awards 2021.

Sementara itu, BLACKPINK mencapai tonggak sejarah lainnya dengan lagu trending mereka yang berjudul "Kill This Love". YG Entertainment mengumumkan pada Selasa, 9 Februari, bahwa video musik dari lagu tersebut sudah ditonton 1,2 miliar di YouTube. Ini adalah video musik kedua oleh grup wanita Korea Selatan terbanyak setelah "DDU-DU DDU-DU".

Bahkan "Kill This Love" adalah video musik grup K-Pop tercepat yang melampaui angka 1,2 miliar penayangan. Lagu ini dirilis pada 5 April 2019, yang berarti butuh satu tahun, 10 bulan, dan empat hari untuk mencapai rekor tersebut. Sebaliknya, "DDU-DU DDU-DU" membutuhkan waktu lebih dari dua tahun untuk mencapai tonggak sejarah tersebut.

Beberapa hari yang lalu, "Boombayah" membuat prestasi lain setelah video musik resminya mengumpulkan lebih dari 1,1 miliar penayangan. Juga, diumumkan pada Januari lalu bahwa lagu solo pertama dari BLACKPINK, Jennie, yang berjudul "Solo" mencapai lebih dari 600 juta penayangan di raksasa video streaming itu.

Video penampilan dance BLACKPINK untuk "How You Like That" juga mengumpulkan lebih dari 500 juta penayangan di YouTube awal tahun ini. Kuartet ini juga mengakhiri 2020 dengan kejutan ketika tiga video musik mereka memecahkan rekor baru pada Desember. "Lovesick Girls" telah mengumpulkan lebih dari 300 juta viewers pada saat itu, "Playing With Fire" dan "Whistle" juga mencapai 600 juta viewers pada saat itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement