Ahad 14 Feb 2021 12:50 WIB

Bosan di Rumah Saja? Yuk Atasi dengan Cara Ini

Tidur siang berkualitas dapat meningkatkan kinerja Anda hingga 34 persen.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Qommarria Rostanti
Bosan (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com.
Bosan (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Saat pandemi Covid-19, rutinitas Anda berubah secara drastis. Anda butuh waktu untuk kembali beradaptasi dan mencari cara untuk melakukan kegiatan yang membuat bahagia dan sehat.

Dilansir di laman CNBC pada (14/2), terdapat tiga cara untuk mengatasi kebosanan selama pandemi masih berlangsung. Berikut ini caranya:

1. Memiliki teman yang dapat diandalkan

Penelitian terkenal dari Harvard menunjukkan, orang yang memiliki hubungan dekat hidup lebih lama dibandingkan mereka yang terisolasi. Selama pandemi Covid-19, Anda bisa melakukan panggilan video bersama teman.

Percakapan tersebut bisa membuat Anda terasa lebih hidup lagi. Anda bisa menceritakan apapun bahkan bisa tertawa. Emosi Anda tersalurkan walaupun hanya lewat virtual.

2. Olahraga dengan berjalan kaki 

Banyak hasil penelitian mendukung bahwa olahraga mampu mencegah risiko penyakit dan kematian. Salah satu olahraga yang dianjurkan yaitu berjalan kaki di sekitar rumah. Selain sehat, berjalan kaki juga membuat metabolisme Anda lancar kembali.

Berjalan kaki juga bisa dianggap sebagai hiburan kala pandemi. Misalnya, jalan menyelusuri tempat yang belum dikunjungi sekitar rumah, perkampungan, dan sekitarnya.

Berjalan-jalan selama pandemi adalah cara mudah untuk berolahraga dengan aman di luar ruangan. Penelitian telah menunjukkan berjalan kaki meningkatkan kreativitas, meningkatkan daya ingat, dan bahkan membantu Anda tidur.

3. Tidur siang selama 20 menit

Menyempatkan tidur siang selama 20 menit membuat kadar hormon stres kortisol yang lebih rendah. Kunci untuk menghindari pusing adalah hanya tidur siang selama 20 menit.

Jika Anda bekerja dari rumah, tidur nyenyak selama istirahat makan siang ini dapat meningkatkan kinerja Anda. Studi menunjukkan, tidur siang singkat dapat meningkatkan kinerja hingga 34 persen dan meningkatkan kewaspadaan hingga 54 persen.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement