Ahad 14 Feb 2021 19:05 WIB

114 Ribu Kendaraan Masuk ke Jabodetabek Usai Libur Imlek 

Ratusan ribu kendaraan masuk Jabodetabek usai libur panjang imlek

Rep: Uji Sukma  Medianti/ Red: Nashih Nashrullah
Ratusan ribu kendaraan masuk Jabodetabek usai libur panjang imlek. Kendaraan roda empat melintas di Jalan Tol Cikampek - Cipali. ilustrasi
Foto: Republika/Yasin Habibi
Ratusan ribu kendaraan masuk Jabodetabek usai libur panjang imlek. Kendaraan roda empat melintas di Jalan Tol Cikampek - Cipali. ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI - Sebanyak 114.110 kendaraan memasuki wilayah Jabodetabek pada hari pertama arus balik libur Tahun Baru Imlek pada Sabtu (13/2). 

Angka tersebut merupakan jumlah kumulatif arus lalu lintas (lalin) dari beberapa Gerbang Tol (GT) barrier/utama, yaitu GT Cikampek Utama dan GT Kalihurip Utama (arah Timur), GT Cikupa (arah Barat) dan GT Ciawi (arah Selatan).

Baca Juga

"Total volume lalin yang menuju Jabotabek ini turun 10,6 persen jika dibandingkan lalin normal," kata Corporate Communication & Community Development Group Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk, Dwimawan Heru, dalam keterangan tertulis, Ahad (14/2).

Adapun, untuk distribusi lalu lintas menuju Jabotabek dari ketiga arah yaitu mayoritas sebanyak 47 persen dari arah Timur, 31,9 persen dari arah Barat, dan 21,0 perse dari arah Selatan. Adapun rincian distribusi lalin sebagai berikut:

Arah timur:

- GT Cikampek Utama 2, dengan jumlah 25.866 kendaraan menuju Jakarta, turun sebesar 12,7 persen dari lalin normal.

- GT Kalihurip Utama 2, dengan jumlah 25.655 kendaraan menuju Jakarta, turun sebesar 10,9 persen dari lalin normal.

Total kendaraan menuju Jakarta dari arah Timur adalah sebanyak 51.531 kendaraan, turun sebesar 11,8 persen dari lalin normal.

Arah barat:

Lalin menuju Jakarta dari arah Barat melalui GT Cikupa Jalan Tol Tangerang-Merak adalah sebesar 38.622 kendaraan, turun sebesar 6,1 persen dari lalin normal.

Arah selatan:

Sementara itu, jumlah kendaraan yang menuju Jakarta dari arah Selatan/Lokal melalui GT Ciawi 2 Jalan Tol Jagorawi sebanyak 23.957 kendaraan, turun sebesar 14,6 persen dari lalin normal.

"Jasa Marga memprediksi puncak arus balik menuju Jabotabek dalam rangka libur Tahun Baru Imlek terjadi pada hari ini,"teragnya. 

Prediksi untuk jumlah kendaraan yang kembali ke Jakarta pada hari ini mencapai 154.079 kendaraan. Prediksi Volume lalin ini merupakan kumulatif arus lalin dari empat GT barrier/utama yang telah disebutkan sebelumnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement