Senin 15 Feb 2021 07:31 WIB

10 Kebiasaan Ini Perlu Ditinggalkan Bila Ingin Hidup Sehat

Ada kebiasaan yang tampak sepele namun memiliki dampak signifikan terhadap kesehatan.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Nora Azizah
Ada kebiasaan yang tampak sepele namun memiliki dampak signifikan terhadap kesehatan.
Foto: www.freepik.com.
Ada kebiasaan yang tampak sepele namun memiliki dampak signifikan terhadap kesehatan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ada beberapa kebiasaan yang tampak sepele namun memiliki dampak signifikan terhadap kesehatan di kemudian hari. Kebiasaan-kebiasaan ini perlu dijauhi mulai dari sekarang.

Ada 10 kebiasaan yang perlu dijauhi demi menunjang kesehatan dalam jangka panjang. Berikut ini adalah 10 kebiasaan tersebut, seperti dilansir EatingWell, Senin (15/2).

Baca Juga

Tak Minum Cukup Air

Sekitar 60 persen tubuh manusia adalah air. Tak heran bila kecukupan asupan cairan dapat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Hidrasi tubuh yang terjaga juga dapat membantu menjaga ingatan tetap tajam, suasana hati lebih stabil, dan motivasi tetap ada.

The Institute of Medicine mengungkapkan bahwa laki-laki dewasa rata-rata membutuhkan 13 gelas air putih per hari, sedangkan perempuan dewasa membutuhkan sembilan gelas. Akan tetapi, pada dasarnya besaran kebutuhan cairan orang berbeda-beda.

Pantau kecukupan asupan cairan melalui warna urin. Warna urin yang terang dan jernih menunjukkan bahwa tubuh sudah mendapatkan asupan air yang cukup.

Makan Larut Malam

Makan malam yang dilakukan lebih cepat akan menciptakan jeda waktu yang cukup panjang dari makan malam ke sarapan di keesokan ahrinya. Jeda yang panjang di antara dua jam makan diketahui dapat memabntu tubuh untuk memproses makanan lebih efisien. Dengan ditunjang metode intermitten fasting, cara ini juga dapat membantu menurunkan berat badan.

Makan malam tidak terlalu larut juga dapat menjaga kualitas tidur lebih baik. National Institutes of Health menyatakan bahwa makan larut malam dapat menyebabkan gangguan pencernaan yang mengganggu tidur.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement