Rabu 17 Feb 2021 09:32 WIB

Tips Mencegah Anak Kecanduan Gawai

Pandemi membuat anak lebih intens terpapar dengan gawai.

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Dwi Murdaningsih
Remaja masa kini yang baik namun kecanduan gadget. Ilustrasi
Foto: Pixabay
Remaja masa kini yang baik namun kecanduan gadget. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Kegiatan anak di masa pandemi Covid-19 ini banyak dilakukan secara daring (online). Sementara, kegiatan di luar rumah (outing) dibatasi. Hal ini menjadikan perilaku anak berubah dengan banyaknya screen time (waktu menatap layar).

Terlalu sering di depan layar, dapat menjadikan anak kecanduan gawai (gadget). Baik itu gaming, menonton maupun berselancar di media sosial.

Baca Juga

Salah satu orang tua di DIY, Wasingatu Zakiyah mengatakan, perlu ada keseimbangan antara screen time dan outing. Hal ini, katanya, dapat mengalihkan anak dari keterikatan gawai.

Zakiyah sendiri memiliki empat anak yang duduk di jenjang TK hingga SMA dan seluruhnya masih belajar secara daring. Dalam hal screen time, ia dan anak-anaknya membuat kesepakatan terkait jadwal saat di depan layar.

Ia menuturkan, anak-anaknya hanya menatap layar saat kegiatan belajar mengajar daring. Sehingga, screen time dapat dikurangi usai proses belajar daring.

"Setelah (shalat) subuh, harus ada kesepakatan terkait daring, bagaimana mereka mengakses screen baik laptop maupun HP dan itu hanya pada saat mereka ada jadwal sekolah. Setiap pagi kami berkumpul, apa jadwal hari ini. Misalnya jam sekian si Adek ada zoom, jam sekian si Kakak Google Classroom," kata Zakiyah kepada Republika.co.id, Selasa (16/2).

Zakiyah juga melibatkan anak-anaknya untuk berkegiatan di luar rumah. Namun, kegiatan ini hanya dilakukan di area sekitar rumah mengingat pandemi Covid-19.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement