Rabu 17 Feb 2021 14:11 WIB

Masalah Chip Berdampak pada 1 Juta Kendaraan di Dunia

Sebagian besar volume dapat pulih menjelang akhir 2021.

Rep: puti almas/ Red: Hiru Muhammad
Aktivitas pabrik di Ford Motor Co. Tingkat produksi industri Amerika Serikat (AS) tumbuh 0,4 persen pada bulan lalu. Manufaktur menerima dorongan dari rebound output pada pabrikan mobil setelah mengalami penurunan selama tiga bulan.
Foto: AP Photo/Carlos Osorio
Aktivitas pabrik di Ford Motor Co. Tingkat produksi industri Amerika Serikat (AS) tumbuh 0,4 persen pada bulan lalu. Manufaktur menerima dorongan dari rebound output pada pabrikan mobil setelah mengalami penurunan selama tiga bulan.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON--Perusahaan data IHS Markit memperbarui survei terbaru mengenai kekurangan jumlah chip semikonduktor otomatis. Pada Selasa (16/2), dampak dari kurangnya produk ini akan terjadi terhadap hampir satu juta unit produksi kendaraan ringan global di kuartal pertama tahun ini. 

Sebelumnya, IHS Markit memperkirakan masalah tersebut akan berdampak pada 672.000 kendaraan secara global, hingga 30 Maret mendatang. Diharapkan bahwa sebagian besar volume dapat pulih menjelang akhir 2021. 

Ford Motor Co, Toyota Motor Corp, Fiat Chrysler Automobiles dan Nissan Motor Co telah memangkas produksi karena masalah kekurangan chip mobil. Sementara itu, Volkswagen mengatakan kendala pasokan akan berdampak terhadap produksi di beberapa pabriknya pada bulan ini. 

IHS Markit sebelumnya juga memperkirakan Cina akan menjadi yang paling terdampak atas masalah tersebut pada kuartal pertama. Setidaknya, masalah ini disebut berdampak terhadap hingga 250.000 unit kendaraan di negara itu. 

 

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
ثُمَّ قَفَّيْنَا عَلٰٓى اٰثَارِهِمْ بِرُسُلِنَا وَقَفَّيْنَا بِعِيْسَى ابْنِ مَرْيَمَ وَاٰتَيْنٰهُ الْاِنْجِيْلَ ەۙ وَجَعَلْنَا فِيْ قُلُوْبِ الَّذِيْنَ اتَّبَعُوْهُ رَأْفَةً وَّرَحْمَةً ۗوَرَهْبَانِيَّةَ ِۨابْتَدَعُوْهَا مَا كَتَبْنٰهَا عَلَيْهِمْ اِلَّا ابْتِغَاۤءَ رِضْوَانِ اللّٰهِ فَمَا رَعَوْهَا حَقَّ رِعَايَتِهَا ۚفَاٰتَيْنَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا مِنْهُمْ اَجْرَهُمْ ۚ وَكَثِيْرٌ مِّنْهُمْ فٰسِقُوْنَ
Kemudian Kami susulkan rasul-rasul Kami mengikuti jejak mereka dan Kami susulkan (pula) Isa putra Maryam; Dan Kami berikan Injil kepadanya dan Kami jadikan rasa santun dan kasih sayang dalam hati orang-orang yang mengikutinya. Mereka mengada-adakan rahbaniyyah, padahal Kami tidak mewajibkannya kepada mereka (yang Kami wajibkan hanyalah) mencari keridaan Allah, tetapi tidak mereka pelihara dengan semestinya. Maka kepada orang-orang yang beriman di antara mereka Kami berikan pahalanya, dan banyak di antara mereka yang fasik.

(QS. Al-Hadid ayat 27)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement