Sabtu 20 Feb 2021 20:24 WIB

Pemberontak Tigray Ajukan Syarat ke Pemerintah Ethiopia

Pemberontak Tigray meminta penunjukkan mediator asing.

Red: Teguh Firmansyah
 Gambar ini dibuat dari video tak bertanggal yang dirilis oleh Kantor Berita Ethiopia milik negara pada Senin, 16 November 2020 menunjukkan militer Ethiopia duduk di sebuah pengangkut personel lapis baja di sebelah bendera nasional, di jalan di daerah dekat perbatasan Tigray dan wilayah Amhara di Ethiopia. Perdana Menteri Ethiopia Abiy Ahmed mengatakan dalam sebuah posting media sosial pada hari Selasa, 17 November 2020 itu
Foto: AP/Ethiopian News Agency
Gambar ini dibuat dari video tak bertanggal yang dirilis oleh Kantor Berita Ethiopia milik negara pada Senin, 16 November 2020 menunjukkan militer Ethiopia duduk di sebuah pengangkut personel lapis baja di sebelah bendera nasional, di jalan di daerah dekat perbatasan Tigray dan wilayah Amhara di Ethiopia. Perdana Menteri Ethiopia Abiy Ahmed mengatakan dalam sebuah posting media sosial pada hari Selasa, 17 November 2020 itu

REPUBLIKA.CO.ID, NAIROBI  -- Pasukan pemberontak di Tigray, Ethiopia, pada Jumat (19/2), mengajukan delapan syarat untuk memulai perundingan perdamaian dengan pemerintah. Beberapa syarat itu di antaranya menunjuk penengah dari pihak asing dan membuka akses untuk bantuan kemanusiaan.

Juru bicara  Barisan Pembebasan Rakyat Tigray (TPLF), Liya Kassa, mengumumkan syarat memulai negosiasi damai dengan pemerintah lewat laman Facebook Dimtsi Weyane TV. Stasiun televisi itu dikelola oleh TPLF.

Sebelumnya Perdana Menteri Ethiopia Abiy Ahmed meluncurkan serangan udara dan darat demi memberantas pasukan pemberontak bersenjata TPLF setelah kelompok pemberontak itu menyerang markas militer di Tigray pada 4 November 2020. TPLF sebelumnya adalah salah satu partai politik yang paling berpengaruh di Tigray dan pernah berkuasa di Ethiopia.

Abiy mengumumkan kemenangan atas operasi militer di Tigray kurang dari satu bulan setelah TPLF mundur dari ibu kota Tigray, Mekelle. Tentara TPLF juga mundur dari kota-kota besar, tetapi pertempuran di beberapa daerah masih berlanjut. Sebagian besar anggota TPLF masih bergerilya, tetapi pemerintah federal Ethiopia telah menangkap atau menewaskan beberapa anggota.

Juru bicara Abiy dan kepala satuan tugas untuk operasi militer di Tigray belum menjawab pertanyaan terkait syarat perundingan perdamaian itu. Pemerintah pada November tahun lalu mengatakan pihaknya tidak akan bernegosiasi dengan TPLF sampai aturan hukum di Tigray dapat ditegakkan.

Setelah mengumumkan kemenangan, pemerintah mengatakan akan fokus menangkapi para anggota senior TPLF. Syarat lainnya yang diajukan TPLF termasuk meminta Eritrea menarik tentaranya dari Tigray. Keberadaan militer Eritrea di Tigray jadi salah satu isu yang membuat konflik kian panas.

Eritrea  membantah ada tentara mereka yang beroperasi di wilayah Ethiopia. Namun, puluhan saksi mata mengatakan mereka telah melihat keberadaan tentara Eritrea.

Pemerintahan ditangguhkan

TPLF juga meminta pemerintahan sementara yang ditunjuk Pemerintah Ethiopia segera diberhentikan. Abiy menunjuk pemerintahan baru saat pemberontakan berlangsung.

Barisan pemberontak mengatakan para pejabat yang terpilih lewat pemilihan daerah pada September 2020 harus diperbolehkan kembali menjabat.

PM Abiy menyebut pemilihan umum di Tigray ilegal.Sejak pertempuran berlangsung di Tigray, ribuan orang diyakini tewas dan 950 ribu warga terpaksa mengungsi.Verifikasi terhadap informasi yang beredar soal Tigray masih sulit dilakukan karena pemerintah mengontrol ketat akses komunikasi di daerah tersebut.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَقَالَ الشَّيْطٰنُ لَمَّا قُضِيَ الْاَمْرُ اِنَّ اللّٰهَ وَعَدَكُمْ وَعْدَ الْحَقِّ وَوَعَدْتُّكُمْ فَاَخْلَفْتُكُمْۗ وَمَا كَانَ لِيَ عَلَيْكُمْ مِّنْ سُلْطٰنٍ اِلَّآ اَنْ دَعَوْتُكُمْ فَاسْتَجَبْتُمْ لِيْ ۚفَلَا تَلُوْمُوْنِيْ وَلُوْمُوْٓا اَنْفُسَكُمْۗ مَآ اَنَا۠ بِمُصْرِخِكُمْ وَمَآ اَنْتُمْ بِمُصْرِخِيَّۗ اِنِّيْ كَفَرْتُ بِمَآ اَشْرَكْتُمُوْنِ مِنْ قَبْلُ ۗاِنَّ الظّٰلِمِيْنَ لَهُمْ عَذَابٌ اَلِيْمٌ
Dan setan berkata ketika perkara (hisab) telah diselesaikan, “Sesungguhnya Allah telah menjanjikan kepadamu janji yang benar, dan aku pun telah menjanjikan kepadamu tetapi aku menyalahinya. Tidak ada kekuasaan bagiku terhadapmu, melainkan (sekedar) aku menyeru kamu lalu kamu mematuhi seruanku, oleh sebab itu janganlah kamu mencerca aku, tetapi cercalah dirimu sendiri. Aku tidak dapat menolongmu, dan kamu pun tidak dapat menolongku. Sesungguhnya aku tidak membenarkan perbuatanmu mempersekutukan aku (dengan Allah) sejak dahulu.” Sungguh, orang yang zalim akan mendapat siksaan yang pedih.

(QS. Ibrahim ayat 22)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement