Senin 22 Feb 2021 15:06 WIB

UMSU di Urutan 56 dalam Daftar Universitas Islam Top Dunia

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara masuk daftar 100 kampus Islam top dunia.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Rektor Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU), Dr Agussani.
Foto: Dok Muhammadiyah
Rektor Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU), Dr Agussani.

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) berada di urutan 56 dalam daftar 100 universitas Islam top dunia tahun 2021 yang dikeluarkan oleh lembaga pemeringkat perguruan tinggi 4 International Colleges & Universities (4ICU).

"Ini merupakan hasil kerja bersama seluruh civitas akademika UMSU yang mendapat dukungan seluruh jajaran pengurus wilayah dan daerah serta warga Muhammadiyah," kata Rektor UMSU Agussani di Kota Medan, Sumut, Senin (22/2).

Dia menjelaskan, dalam rangka memajukan amal usaha Muhammadiyah di bidang pendidikan, UMSU telah memberikan pendampingan ke pesantren dan sekolah tinggi di Sumatra Utara (Sumut). "UMSU juga memberikan pendampingan akademik kepada universitas di Sumatira Barat, Aceh, dan Riau," kata Agussani.

Ketua Umum PP Muhammadiyah Prof Haedar Nasir menyampaikan apresiasi kepada semuauniversitas Muhammadiyah yang masuk dalam daftar universitas Islam top dunia, termasuk Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), dan Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS).

"Saya mendapatkan banyak apresiasi dengan dirilisnya daftar top 100 universitas Islam dunia yang dirilis 4ICU karena masuknya beberapa universitas Muhammadiyah dalam jajaran top universitas Islam dunia," kata Haedar. Daftar universitas Islam top dunia 4ICU juga mencakup universitas Islam dari Arab Saudi, Iran, Mesir, dan Malaysia.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
فَبِمَا نَقْضِهِمْ مِّيْثَاقَهُمْ لَعَنّٰهُمْ وَجَعَلْنَا قُلُوْبَهُمْ قٰسِيَةً ۚ يُحَرِّفُوْنَ الْكَلِمَ عَنْ مَّوَاضِعِهٖۙ وَنَسُوْا حَظًّا مِّمَّا ذُكِّرُوْا بِهٖۚ وَلَا تَزَالُ تَطَّلِعُ عَلٰى خَاۤىِٕنَةٍ مِّنْهُمْ اِلَّا قَلِيْلًا مِّنْهُمْ ۖ فَاعْفُ عَنْهُمْ وَاصْفَحْ ۗاِنَّ اللّٰهَ يُحِبُّ الْمُحْسِنِيْنَ
(Tetapi) karena mereka melanggar janjinya, maka Kami melaknat mereka, dan Kami jadikan hati mereka keras membatu. Mereka suka mengubah firman (Allah) dari tempatnya, dan mereka (sengaja) melupakan sebagian pesan yang telah diperingatkan kepada mereka. Engkau (Muhammad) senantiasa akan melihat pengkhianatan dari mereka kecuali sekelompok kecil di antara mereka (yang tidak berkhianat), maka maafkanlah mereka dan biarkan mereka. Sungguh, Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik.

(QS. Al-Ma'idah ayat 13)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement