Purnatugas

Red: Fernan Rahadi

ilustrasi pensiunan.
ilustrasi pensiunan. | Foto: istimewa

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh: Erik Hadi Saputra (Kaprodi Ilmu Komunikasi dan Direktur Kehumasan & Urusan  Internasional, Universitas AMIKOM Yogyakarta)

Pembaca yang kreatif, Kamis (25/2) kemarin saya menyaksikan pele­pasan beberapa orang teman kantor yang purnatugas. Terlihat sebagian hadirin menunjukkan ekspresi sedih karena tidak menduga kalau senior yang menjadi rekan kerja selama ini telah purnatugas. Apalagi purnatugas ini terjadi di tengah situasi Covid-19 yang pastinya tidak mudah. 

Mereka terharu melihat senior, yang selama ini menjadi penyemangat dan selalu memberikan dukungan bagi pegawai yang lebih muda itu purnatugas. Selama ini kita aktif bekerja sama serta bersikap totalitas untuk memperoleh hasil yang maksimal. Namun kembali lagi, semua ternyata ada masanya. 

Saya menyadari bahwa suatu saat kita yang bekerja juga akan mendapatkan situ­asi yang sama. Hanya menunggu waktu saja. Semua tentu ada prosesnya. 

Percayalah, selama Anda bekerja de­ngan hati senang dan pikiran terbuka maka Anda akan mendapat kebahagiaan. Anda akan merasa syukur karena pernah memberikan pembelajaran kepada pegawai lain bagaimana membangun komitmen dalam bekerja.

Pembaca yang kreatif, mengapa sebagian orang begitu khawatir dengan masa purnatugas yang akan dilaluinya? Apakah dikarenakan merasa sudah tidak ada lagi jaminan penghasilan? Apa merasa aktualisasinya semakin menurun karena tidak ada lagi wadah berekspresi?

Teman saya pernah menawarkan program pembekalan atau pelatihan persiapan masa pensiun pada satu instansi. Pimpinannya menyampaikan permintaan dengan jelas dan menekankan agar para narasumber meminta kepada para pegawai untuk fokus menikmati masa purna­tugas serta aktif dalam urusan sosial kemasyarakatan dan kegiatan keagamaan. 

Karena bagi sang pimpinan tersebut, terdapat persoalan ketika para pensiunan mencoba berbisnis dengan memanfaatkan dana pensiun. Bukannya mendapat­kan keuntungan dari bisnisnya itu, malah banyak yang tertipu atau ditipu oleh mitra bisnisnya.

Namun, di sisi lain tentu banyak pimpinan yang membekali pegawainya untuk pandai mengelola keuangan serta bisa memilih bisnis yang sudah dilakukan selama ini dengan kemampuan dan hobinya. Selalu ada saja cerita menarik keberhasilan aktivitas setelah purnatugas. Satu kutipan menarik, "If one person can do something, anyone can learn to do it."

Pembaca yang kreatif, kedua situasi itu punya alasan dan pandangan masing-masing. Satu kalimat jelas mengatakan, "Everyone lives in their own unique model of the world". 

Ketika seseorang fokus menikmati ma­sa pensiunnya seperti mengikuti majelis, menjadi pengurus takmir masjid, bermasyarakat, dan lebih dekat dengan keluarga, maka banyak waktu yang bisa dimanfaatkan dan berbagi inspirasi dalam keluarga besar. Ketika seorang pegawai yang pur­natugas sebelumnya pernah merintis bisnis maka sangat mudah baginya untuk menyesuaikan dengan situasi yang ada. 

Ketika dalam bekerja kita banyak mena­bung emosional kepada orang lain, maka ketika kita purnatugas akan terlihat banyak orang yang datang dan mendoakan kebaikan kepada kita. Usia bisa pensiun, ketemuan (silaturahmi) jalan terus.

Pembaca yang kreatif, bagi Anda yang masa purnatugasnya masih lama, bolehlah Anda mulai menyiapkan diri dan memahamkan diri sendiri bahwa ini adalah proses yang akan dilalui. Cintailah pekerjaan anda. Menabunglah sebanyaknya emosional kepada orang lain. Bantulah mereka, pedulilah kepada mereka. Kare­na kepedulian dan bantuan itu akan kembali lagi kepada Anda suatu saat nanti. Sehat dan sukses selalu. 

 

Terkait


Sikap dan Tujuan

Prof Suyanto Kembali Pimpin Amikom Periode 2021-2025

Caroline Wozniacki Nantikan Kelahiran Anak Pertama

Mengasah Gergaji

Willingness to Do More

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

[email protected]

Ikuti

× Image
Light Dark