Senin 01 Mar 2021 10:21 WIB

Tuchel: Pemain United yang Lebih Dulu Lakukan Handball

Tuchel pun menegaskan, seharusnya wasit tidak perlu melakukan review VAR.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Pelatih Chelsea Thomas Tuchel.
Foto: EPA-EFE/ROBERT GHEMENT
Pelatih Chelsea Thomas Tuchel.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Pelatih Chelsea, Thomas Tuchel, menyatakan, keputusan wasit Stuart Attwell terkait insiden handball di babak pertama laga Chelsea kontra Manchester United (MU), Senin (1/3) dini hari WIB, sudah tepat. Bahkan, pelatih asal Jerman itu menyebut, wasit sebenarnya tidak perlu melakukan review VAR untuk menilai insiden tersebut.

Insiden ini terjadi pada menit ke-16 laga. Winger Chelsea, Callum Hudson-Odoi, dinilai melakukan handball saat berebut bola dengan penyerang United, Mason Greenwood, dalam kotak penalti the Blues.

Baca Juga

Namun, Stuart Attwell, wasit yang memimpin laga, tidak memberikan hadiah tendangan penalti. Keputusan ini pun tidak berubah saat Attwell melihat langsung rekaman video dari insiden tersebut di pinggir lapangan. Putusan Attwell itu pun diperkuat dengan review VAR.

Berdasarkan hasil rekaman video, sebelum tangan Hudson-Odoi menyentuh bola, Greenwood terlihat lebih dulu menyentuh dan mengubah arah laju bola dengan lengan atasnya. Tuchel pun menilai, putusan wasit dalam menilai insiden itu sudah tepat.

Menurut eks pelatih Paris Saint Germain itu, Greenwood menjadi pemain pertama yang melakukan handball di laga tersebut. Tuchel pun menegaskan, seharusnya wasit tidak perlu melakukan review VAR karena insiden itu sudah cukup jelas.

''Saya sempat khawatir, saya salah lihat. Dari sudut pandang saya, pemain yang mengenakan kaos merah (Greenwood) yang pertama kali menyentuh bola. Kemudian, saat saya lihat cuplikan video, saya makin yakin memang dialah yang pertama melakukan handball. Jadi, untuk apa wasit melakukan review VAR?. Saya lega wasit memutuskan itu bukan penalti, jika tidak, maka putusan itu akan menjadi putusan yang sangat buruk,'' ujar Tuchel seperti dilansir Sky Sports, Senin (1/3).

Klasemen Premier League Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement