Selasa 02 Mar 2021 19:34 WIB

Universitas Terbuka Kejar Status PTN-BH

UT sudah memberikan dokumen terkait transformasi ini ke Kemendikbud.

Rep: Inas Widyanuratikah/ Red: Mas Alamil Huda
Rektor Universitas Terbuka (UT), Ojat Darojat.
Foto: Republika/Prayogi
Rektor Universitas Terbuka (UT), Ojat Darojat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Universitas Terbuka (UT) saat ini sedang mengupayakan untuk bertransformasi menjadi PTN Badan hukum (PTN-BH). Rektor UT, Ojat Darojat, mengatakan, pihaknya sudah memberikan dokumen terkait transformasi ini ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Ojat mengatakan, menjadi PTN-BH akan mempermudah UT untuk mengikuti perkembangan kompetisi di dunia pendidikan tinggi. "Saya kira sangat baik kalau UT naik kelas. UT harus naik kelas menjadi PTN-BH," kata Ojat, dalam telekonferensi bersama media, Selasa (2/3).

Ia menjelaskan, menjadi PTN-BH akan memberikan UT beberapa otonomi. Misalnya terkait dengan pembentukan program studi, tidak perlu meminta izin kepada kementerian dan cukup menyampaikan rencana tersebut kepada majelis wali amanat.

Selain itu, terkait dengan rekrutmen sumber daya manusia (SDM), UT bisa menentukan sendiri jumlah yang diperlukan. "Sehingga krisis SDM yang dihadapi oleh UT saat ini mudah-mudahan bisa kita atasi," kata dia lagi.

Ojat menjelaskan, UT sudah memasukkan empat dokumen penting untuk pengusulan menjadi PTN-BH ke kementerian pada Desember 2020. UT juga telah dijadwalkan untuk melakukan presentasi terkait empat dokumen tersebut kepada kementerian pada 17 Maret 2021 yang akan datang.

UT merupakan perguruan tinggi yang menggunakan metode perkuliahan jarak jauh sejak awal dibuka yaitu tahun 1984. Hingga November 2020, UT memiliki 311.028 mahasiswa aktif yang tersebar baik di dalam negeri maupun luar negeri.

"UT memiliki kantor pusat dan 39 kantor Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ-UT) serta Pusat Pengelolaan Mahasiswa Luar Negeri. Tercatat lebih dari 1.000 mahata kuliah yang dikelola UT dengan 43 program studi," kata Kepala Pengembangan Hubungan Internasional dan Kemitraan UT, Sri Sediyaningsih.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement