Rabu 03 Mar 2021 19:34 WIB

Sustainability Report untuk Lembaga Amil Zakat

Sustainability report menghadirkan potret keberlanjutan sebuah program dan lembaga.

Red: Karta Raharja Ucu
Zakat Digital Ilustrasi.
Foto: Dok PPPA Daarul Quran.
Zakat Digital Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh: Abdul Ghofur, Profesional Islamic Philantropist, Direktur Utama PPPA Daarul Qur'an

Lembaga Amil Zakat (LAZ) di Indonesia terus berkembang menjadi lembaga dengan tatanan profesional. Daya jangkau program yang menjangkau global menuntut LAZ memiliki tata kelola internal sekaligus tranparansi eksternal yang tertata.

Sesuai dengan tata perundangan, LAZ harus menyajikan Laporan Kinerja dan Laporan secara berkala enam bulan sekali. Laporan kepatuhan syariah juga menjadi indikator pengelolaan LAZ dilakukan sesuai dengan syariat Islam sebagai aturan utama dan dasar aktivitas zakat, infak dan sedekah.

Salah satu fungsi penting beragam laporan ini adalah bentuk pertanggungjawaban kepada publik yang pada akhirnya mengungkit tingkat kepercayaan publik kepada lembaga. Inovasi adalah harga mati dalam pengelolaan LAZ secara modern. Termasuk di dalamnya inovasi dalam pelaporan. Inovasi ini bisa dilakukan dengan mengambil standar dalam pengelolaan lembaga profesional lain yang sudah diterima menjadi standar global.

Salah satu standar pelaporan yang sudah lazim digunakan di dunia bisnis adalah Sustainability Report (SR). Mudahnya, sustainability report menghadirkan potret keberlanjutan dari sebuah program dan lembaga.

Sustainability report sebagai pelaporan keberlanjutan telah dikembangkan oleh Otoritas Jasa keuangan (OJK) melalui POJK 51/2017 tentang Penerapan Program Keuangan Berkelanjutan (Sustainable Finance). Sustainability report menggunakan indeks Global Reporting Initiatives (GRI) dalam dasar membuat pelaporan keberlanjutan lembaga. Standar GRI diadaptasi karena mampu menyediakan jenis pelaporan yang dapat menyelaraskan kinerja lembaga terhadap peran dan kontribusinya dalam mengimplementasi Sustainable Development Goals (SDGs).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement