Kamis 04 Mar 2021 21:25 WIB

Sahabat yang Masuk Islam Berkat Ajakan Abu Bakar

Sejumlah sahabat Nabi Muhammad masuk Islam berkat Abu Bakar

Rep: Rossi HandayaniH/ Red: Nashih Nashrullah
Sejumlah sahabat Nabi Muhammad masuk Islam berkat Abu Bakar. Ilustrasi Sahabat Nabi
Foto: Pixabay
Sejumlah sahabat Nabi Muhammad masuk Islam berkat Abu Bakar. Ilustrasi Sahabat Nabi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA –Sahabat Rasulullah ﷺ, Abu Bakar ash-Shiddiq RA masuk ke dalam islam di masa awal. Dengan keislamannya ini, Abu Bakar pun turut serta mengajak yang lainnya.

Dikutip dari laman Islamweb pada Kamis (4/3), di antara mereka yang masuk Islam dengan ajakan Abu Bakar yakni  Utsman bin Affan, Thalhah bin Ubaidillah, Zubair bin Awwam, dan Sa'ad bin Abi Waqas.

Baca Juga

Kemudian para sahabat ini diajak bertemu dengan Rasulullah SAW. Dan pada akhirnya mereka mau menerima Islam. Rasulullah SAW bersabda:

وَكَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ، فِيمَا بَلَغَنِي: مَا دَعَوْتُ أَحَدًا إلَى الْإِسْلَامِ إلَّا كَانَتْ فِيهِ عِنْدَهُ كَبْوَةٌ ، وَنَظَرٌ وَتَرَدُّدٌ، إلَّا مَا كَانَ مِنْ أَبِي بَكْرِ بْنِ أَبِي قُحَافَةَ، مَا عَكَمَ عَنْهُ حِينَ ذَكَرْتُهُ لَهُ، وَمَا تَرَدَّدَ فِيهِ 

"Aku tidak mengajak seorang pun kepada Islam melainkan ia tidak langsung memberikan jawaban, kecuali Abu Bakar Bin Abu Quhafah. Ia tidak lamban memberikan jawaban dan tidak ragu-ragu ketika aku mangajak kepada Islam." 

Sumber: islamweb

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement